Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

Petugas Masih Temukan Pelanggaran PSBB di Pasar Ciracas Setiap Hari

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan setiap hari pihaknya selalu menemukan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan warga.

ISTIMEWA/Dokumentasi Kelurahan Ciracas
Petugas gabungan tiga pilar Kecamatan Ciracas saat menindak pengunjung Pasar Ciracas yang melanggar protokol kesehatan, Jakarta Timur, Selasa (21/7/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Ancaman penularan Covid-19 di pasar seolah angin lalu bagi sejumlah warga yang datang ke Pasar Ciracas, Jakarta Timur.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan setiap hari pihaknya selalu menemukan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan warga.

"Setiap hari sedikitnya kita temukan lima warga datang ke Pasar Ciracas tapi enggak pakai masker sehingga ditindak," kata Rikia saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (21/7/2020).

Meski petugas gabungan tiga pilar Kecamatan Ciracas setiap harinya berjaga di Pasar Ciracas namun warga seakan tak jera.

Pun mereka tahu bahwa sanksi kerja sosial atau denda Rp 250 ribu menanti mereka yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas.

"Mereka beralasan maskernya ketinggalan di rumah atau lupa karena jarak dari rumah ke Pasar Ciracas dekat. Tapi tetap kita tindak," ujarnya.

Rikia menuturkan penindakan tersebut mengacu pada pasal 8 Pergub DKI Jakarta Nomor 51 tahun 2020 tentang PSBB Masa Transisi.

Dia meminta warga mematuhi protokol kesehatan karena meski Ciracas bukan zona merah tapi potensi penularan Covid-19 tetap ada.

Selama pandemi belum berakhir warga diminta mengikuti program 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan.

"Kebanyakan warga yang melanggar memilih sanksi kerja sosial. Pengawasan dan penindakan ini untuk memberi efek jera ke warga," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved