Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

SKIM Dihapus, Syarat Penumpang Pesawat dari & ke Jakarta Lebih Sederhana, Penuhi Ini Boleh Terbang

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan, saat ini sudah tidak ada lagi pemeriksaan SIKM di Bandara Soekarno-Hatta.

ISTIMEWA
Antrean penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi Covid-19, Rabu (10/6/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Syarat yang harus dimiliki penumpang dari dan menuju Jakarta sekarang lebih sederhana.

Di tengah pandemi Covid-19 ini setiap calon penumpang Pesawat rute domestik diwajibkan memiliki tambahan sebagai syarat untuk dapat melakukan perjalanan.

Mengikuti kebijakan Pemprov DKI Jakarta saat ini penumpang pesawat tak lagi menggunakan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan, saat ini sudah tidak ada lagi pemeriksaan SIKM di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Director of Operation & Service PT AP II, Muhamad Wasid mengatakan, SIKM tidak berlaku lagi lantaran keputusan Pemprov DKI Jakarta yang menggantinya dengan pemeriksaan Corona Likelihood Metric (CLM).

Adapun pemeriksaan CLM saat ini juga belum dilakukan di bandara Soekarno-Hatta.

Namun, pemeriksaan penumpang tetap dilakukan terkait Health Alert Card (HAC) atau electronic Health Alert Card (e-HAC), serta pengukuran suhu tubuh melalui thermal scanner.

"Sudah tidak adal lagi pemeriksaan SIKM, tetapi tetap dilakukan pemeriksaan HAC atau e-HAC, dan pengukuran suhu tubuh bagi penumpang yang tiba," kata Wasid seperti dikutip rilis yang diterima, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, terkait HAC atau e-HAC, penumpang dapat mengisinya sebelum melakukan perjalanan atau saat memproses keberangkatan di bandara keberangkatan, dan dilakukan pemeriksaan HAC di bandara tujuan.

Selain itu, saat proses keberangkatan, penumpang juga menjalani protokol pemeriksaan identitas diri dan pemeriksaan surat hasil rapid test atau PCR test.

Halaman
1234
Penulis: wahyu tribun jakarta
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved