Breaking News:

Idul Adha 2020

Wali Kota Bekasi Terbitkan Surat Edaran Penyelengaraan Iduladha 1441 H Sesuai Protokol Kesehatan

Surat edaran ini mengatur bagaimana pelaksanaan salat Iduladha, prosesi pemotongan hewan kurban hingga pendustribusiannya.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Lapak penjual hewan kurban di Jalan Mawar, Kalibaru, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi menerbitkan surat edaran (SE) tentang penyelengaraan Iduladha 1441 Hijriah di tengah adaptasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

SE yang diterbitkan tanggal 8 Juli 2020, nomor 451/4323-SETDA.Kessos mengatur bagaimana pelaksanaan salat Iduladha, prosesi pemotongan hewan kurban hingga pendustribusiannya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, SE ini dibuat agar masyarakat tetap memperhatikan protokoler kesehatan sehingga aman selama menjalankan ibadah Iduladha 1441 Hijriah.

"Sesuai dengan langkah penanganan yang kita jalankan, tatanan hidup baru mayarakat produktif aman Covid-19, salah satunya adalah membuat petunjuk protokoler kesehatan pelaksanaan kegiatan ibadah," kata Rahmat, Kamis, (23/7/2020).

Tangkapan layar surat edaran Wali Kota Bekasi tentang penyelenggaraan Iduladha 1441 Hijriah sesuai protokoler kesehatan.
Tangkapan layar surat edaran Wali Kota Bekasi tentang penyelenggaraan Iduladha 1441 Hijriah sesuai protokoler kesehatan. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Dalam pelaksanaan salat Iduladha, masyarakat wajib menjalankan protokoler kesehatan berupa menggunakan masker ke tempat pelaksanaan salat.

Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menghindari kontak fisik, seperti bersalaman atau berpelukan, menjaga jarak antar jamaah minimal satu meter.

Pemkot Bekasi juga menghimbau setiap jemaah membawa sajadah masing-masing dan melarang anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit, serta orang dengan sakit bawaan yang berisiko tinggi ikut dalam kegiatan salat berjemaah.

Selanjutnya untuk protokoler kesehatan pada saat penyembelihan hewan kurban, panitia Iduladha di masjid atau lingkungan wajib menerapkan beberapa aturan diantaranya ;

1. Penerapan jaga jarak fisik (Physical distancing), meliputi :
- Pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik;
- Penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban;
- Pengaturan jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging;
- Pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik

2. Penerapan kebersihan personal panitia, meliputi :
- Pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu/jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu oleh petugas;
- Panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan;
- Setiap panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan;
- Penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para panitia agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer;
- Panitia menghindari berjabat tangan atau kontak langsung, serta memperhatikan etika batuk/bersin/meludah;
- Panitia yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga

3. Penerapan kebersihan alat, meliputi:
- Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan;
- Menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved