Breaking News:

Dewan Koperasi Indonesia Meminta Pemerintah Beli Saham dan Jadi Pemilik Mayoritas Bukopin

induk-induk koperasi di Tanah Air membeli saham tersebut dan kembali menjadi pemilik mayoritas dari Bank Bukopin.

Kontan
Ilustrasi Bank Bukopin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Ferry Juliantono meminta pemerintah bersama induk-induk koperasi di Tanah Air membeli saham tersebut dan kembali menjadi pemilik mayoritas dari Bank Bukopin.

Untuk diketahui saat ini di Bank Bukopin yang saat ini saham mayoritasnya dikuasai oleh Kookmin Bank yang berasal dari Korea Selatan.

"Karena secara histori, Bank Bukopin didirikan oleh pemerintah dan induk-induk koperasi dalam rangka untuk membantu pembiayaan koperasi dan usaha kecil menengah," kata Ferry di Jakarta, Jumat, 24/7/2020.

Ferry yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Induk Koperasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Inkoppas) menegaskan bahwa gerakan koperasi di Indonesia tidak terima Bank Bukopin dijual ke asing.

Menurutnya, yang menjadi prioritas utama mebeli saham Bank Bukopin adalah pemerintah, dan bukan pihak asing.

"Karena itu kami meminta agar RUPS Bank Bukopin yang menyetujui pembelian saham mayoritas oleh Kookmin Bank dibatalkan. Selain itu, kami mendesak agar kembali digelar RUPS Bank Bukopin, yang agendanya adalah membuka kembali opsi, pemerintah dan induk-induk koperasi diprioritaskan untuk membeli saham Bank Bukopin," ujarnya.

Ferry menambahkan, gerakan koperasi di Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk memobilisasi dana guna penyelamatan Bank Bukopin.

Hal itu karena menurut dia, Bank Bukopin merupakan aset nasional yang dipelopori dan didirikan oleh elemen gerakan koperasi, khususnya dari kalangan induk koperasi bersama pemerintah

Demonstrasi yang dilaksanakan pada Jumat (24/7/2020) ini dilakukan oleh induk-induk koperasi bersama elemen masyarakat, serta mahasiswa di kantor Kementerian Keuangan serta di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ferry menyebutkan, aksi ini sengaja dilakukan untuk mendesak Kementerian Keuangan dan OJK agar membatalkan pembelian saham Bank Bukopin oleh Kookmin Bank tersebut.

Sebagian artikel ini sudah pernah tayang di Kontan dengan judul Tolak KB Kookmin Bank kuasai Bukopin, induk koperasi demo

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved