Breaking News:

Penganiayaan Anak di Duren Sawit

Komnas PA: Ayah Penganiaya di Duren Sawit Jakarta Timur Juga Eksploitasi Anaknya

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menilai tindakan yang dilakukan Abdul Mihrab (40) ke putrinya, RPP (12) tak sebatas penganiayaan.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi kontrakan Abdul Mihrab (40) tempat dia menganiaya putrinya RPP (12) di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (23/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menilai tindakan yang dilakukan Abdul Mihrab (40) ke putrinya, RPP (12) tak sebatas penganiayaan.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan pria warga Kecamatan Duren Sawit Jakarta Tinur itu sudah melakukan eksploitasi dan menelantarkan RPP.

"Jadi bukan hanya pasal penganiayaan yang nantinya dikenakan, karena ini menyangkut anak," kata Sirait saat dikonfirmasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (24/7/2020).

Pasalnya RPP dipaksa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, termasuk saat RPP dianiaya pada Rabu (22/7/2020) sekira pukul 22.30 WIB.

Jadwal Rilis Manga One Piece Chapter 986 dan Anime One Piece 934: Eksekusi Monkey D Luffy

Abdul dan istri sirinya, Ade Rohmah Widyaningsih (40) yang bekerja serabutan memaksa RPP mencuci lalu menjemur pakaian mereka.

Di usia RPP yang sudah menginjak remaja, bocah malang itu juga belum pernah merasakan bangku SD karena tak didaftarkan Abdul.

"Dalam kasus ini, anak tereksploitasi padahal seharusnya tidak boleh anak itu harus sekolah. Ini orangtuanya malah memberhentikan dia dari sekolah," ujarnya.

Manajer Cerita di Balik Video Catherine Wilson Bergoyang Aneh & Diduga Fly karena Narkoba

Sirait menuturkan hukuman yang menanti Abdul juga seharusnya diperberat, pasalnya dia berstatus orangtua RPP.

Mengingat dalam UU nomor 35 tahun 2014 tenang Perlindungan Anak diatur bahwa hukuman pelaku kekerasan terhadap anak yang dilakukan orangtua diperberat sepertiga.

Dalam waktu dekat Sirait bakal berkoordinasi dengan Satreskrim Polrestro Jakarta Timur terkait pasal yang tepat digunakan menjerat Abdul.

"Saya akan coba koordinasi dengan Polres Jakarta Timur, kalau memang sudah ditahan saya akan kawal kasus ini. Orangtuanya itu harus dikenakan pasal berlapis," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved