Breaking News:

Harga Emas Antam Sentuh Rp 1 Juta Per Gram, Banyak Warga Gadaikan di Pegadaian

Pada Rabu, (29/7/2020) hari ini saja harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk berada di angka Rp 1.013.000 per gram.

Tribunnews/Jeprima
Pemilik toko emas menunjukkan emas batangan yang dijual di tokonya di pusat toko emas Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020). Berdasarkan informasi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas Antam dibanderol dengan harga Rp 842.000 per gram, turun Rp 9.000 per gram dari perdagangan sebelumnya di level Rp 851.000 per gram. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNJAKARTA.COM - Harga emas belakangan ini mengalami peningkatan.

Pada Rabu, (29/7/2020) hari ini saja harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk berada di angka Rp 1.013.000 per gram.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo mengakui adanya fenomena peningkatan jumlah nasabah yang menggadaikan emas belakangan ini.

Namun menurut dia, peningkatan nasabah yang menggadaikan emasnya tak semata-mata karena pelonjakan harga emas saja.

“Bahwa benar banyak nasabah yang gadai itu karena memang setelah Lebaran kemarin ada tren nasabah ingin gadai kembali. Kenaikan pertumbuhan nasabah sebulan terakhir itu satu persen sekian, tapi nominal oustanding-nya sampai 3 persen,” ujar Harianto dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Harianto menjelaskan, kenaikan harga tersebut berpengaruh terhadap taksiran harga emas yang akan digadaikannya.

Artinya, dengan harga emas naik, maka nasabah akan mendapat plafon pinjaman yang lebih besar.

“Jadi ini peluang untuk menaikan pinjaman,” kata Harianto.

Selain jumlah nasabah yang menggadaikan emas meningkat, fenomena ini juga menimbulkan banyaknya masyarakat yang memilih tabungan emas.

Kendati begitu, di Juli 2020 ini, lanjut Harianto, masih banyak nasabah yang menjual emasnya ketimbang membuka tabungan emas.

Halaman
12
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved