Iduladha 2020

1.700 Musala dan 700 Masjid di Kota Tangerang Gelar Salat Iduladha 1441 H

Pemerintah Kota Tangerang memperbolehkan warganya untuk melaksanakan Salat Iduladha 1441 H secara berjamaah.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Ilustrasi: Suasana pelaksanaan Salat Idulfitri berjamaah di Masjid Al-Kautsar Pondok Pekayon Indah, Kelurahan Pekayon Jaya, Kota Bekasi, Minggu, (24/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang memperbolehkan warganya untuk melaksanakan Salat Iduladha 1441 H secara berjamaah.

Namum, Pemkot Tangerang menyarankan warganya untuk melaksanakan Salat Iduladha 1441 H di masjid atau musala lingkungannya masing-masing.

Hal itu guna menghindari kerumunan besar sehingga mencegah penyebaran Covid--19.

"Kami telah buatkan surat edaran ke setiap pihak Kecamatan dan Kelurahan agar penggunaan musala dalam pelaksanaan salat iduladha di efektifkan guna memecah kerumunan orang," kata Zuhri selaku Kepala Sub Bagian Keagamaan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tangerang, saat dihubungi, Kamis (30/7/2020).

Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga harus diterapkan dengan ketat dalam pelaksanaannya di setiap musala dan masjid.

Seperti, ketersediaan tempat cuci tangan, penggunaan masker dan menjaga jarak.

"Di Kota Tangerang musala yang tercatat ada sekitar 1700 dan masjid ada 700-an," ungkap Zuhri.

Sementara, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang imbau panitia penyelenggara pemotongan hewan kurban yang ada di setiap masjid di Kota Tangerang untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Iduladha, Polisi Bakal Pantau Suasana Lalu Lintas di DKI Jakarta dan Sekitarnya

Kasi Produksi Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan, Wina Listiana mengatakan, untuk penyaluran daging kurban harus dilakukan secara langsung oleh petugas DKM kepada penerima.

Penghapusan sistem kupon pembagian daging hewan kurban bertujuan agar tidak menimbulkan kerumunan warga.

Pakai Baju Gibran, Kader PKS Dicopot dari Sekretaris Fraksi DPRD PKS Solo Hingga Dilarang Jadi Jubir

"Tidak ada lagi pembagian kupon, tapi petugas di setiap masjid harus menyalurkan daging kurban kepada penerimanya langsung dari pintu ke pintu," terang Wina.

Selain itu, sambung Wina dalam pelaksanaan pemotongan hewan juga dihimbau agar warga tidak menonton atau berkerumun di dekat lokasi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved