Iduladha 2020

Bagikan Daging Kurban, Masjid Kubah Mas Depok Minta Warga Tak Datang Berbondong-Bondong

Menurut pengelola, pemotongan hewan kurban dilakukan dari pihak pemilik masjid dan akan disalurkan kepada masyarakat sekitar.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Bangunan Masjid Kubah Emas di Kota Depok. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK - Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas di Depok Jawa Barat, memastikan akan menggelar pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah besok.

Menurut pengelola, pemotongan hewan kurban dilakukan dari pihak pemilik masjid dan akan disalurkan kepada masyarakat sekitar.

"Insha Allah ada (pemotongan). Tapi untuk pemotongan dari awal sampai sekarang itu yang berkurban hanya dari keluarga saja. Jadi kami belum menerima dan menyalurkan dari para jemaah. Hanya keluarga yang punya masjid, anak dan cucunya," kata Haji Karno, pengelola Masjid Dian Al-Mahri, Kamis (30/7/2020).

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan antrean, pihak pengelola Masjid telah menempatkan sejumlah petugas untuk berjaga dan mengatur antrean.

Dengan membagikan kupon, masyarakat yang mendapat kupon tersebut bisa datang ke Masjid Dian Al Mahri untuk menukarkannya dengan daging kurban.

Selain itu, pengelola juga mengimbau agar masyarakat tidak datang berbondong-bondong.

"Jumlah pastinya berapa ekor yang dikurbankan kami belum tau, karena datangnya baru besok. Setelah salat Ied baru sampai. Besok mungkin setelah salat Jumat akan dibagikan," jelas Karno.

"Pembagiannya misalnya dalam 1 RT ada berapa orang yang dapat, yang ambil gak semua, perwakilan aja. Jadi 1 orang ambil untuk 5 kupon atau 10 aja. Diimbau perwakilan aja tiap RT," tuturnya.

Gelar Salat Idul Adha

Selain itu, Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas, juga akan menggelar salat Idul Adha besok.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini harus melaksanakan pembatasan jemaah lantaran adanya pandemi Covid-19.

"Karena saat sekarang ini masa Pandemi jadi jamaah juga harus mengatur jarak. Tahun-tahun biasanya digunakan untuk jemaah laki-laki dan perempuan. Tapi tahun ini gak mungkin, kami pisahkan," kata Haji Karno.

Salat Idul Adha tahun ini akan dipimpin oleh Imam Besar Masjid Dian Al Mahri Ust.H Hasanuddin Sinaga yang bertindak sebagai imam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved