Breaking News:

Iduladha 2020

MUI Kota Bekasi Imbau, Pemotongan Hewan Kurban Dilakukan di Tempat Tertutup

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengimbau, proses pemotongan hewan kurban pada peringatan Iduladha 1441 Hijriah.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Lokasi penyembelihan hewan kurban Masjid Agung Al-Barkah, Jalan Veteran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengimbau, proses pemotongan hewan kurban pada peringatan Iduladha 1441 Hijriah dilakukan di tempat tertutup.

Sekertaris MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu mengatakan, proses pemptongan hewan di tempat tertutup ini diharapkan dapat mencegah kerumunan warga.

"Pemotongan itu lebih ketat, tidak boleh berkumpul ditempat pemotongan, panitia pakai baju lengan panjang," kata Hasnul saat dikonfirmasi, (30/7/2020).

Selain itu, panitia peringatan Iduladha 1441 Hijriah juga dilarang mendistribusikan daging kepada warga penerima manfaat secara terpusat.

Kisah Pasangan Penjahit dan Ketua RW yang Bakal Jadi Lawan Gibran Rakabuming: Kami Berikan Edukasi

"Daging-daging setelah dicacah diantarkan ke rumahnya masing-masing tidak dipanggil ketempat pemotongan, jadi diantar," tegasnya.

Sementara itu, Staf Sekertaris Dewan Kemakmuran Masjid (DMK) Al-Barkah Pemerintah Kota Bekasi, Ismail Sampurna mengatakan, pihaknya menyiapkan lokasi khusus untuk proses pemotongan hewan kurban.

"Kita gunakan lahan kosong di dekat masjid, kebetulan tempat ini memiliki kapasitas yang luas dan tertutup sehingga bisa dikondisikan agar warga tidak berkumpul," kata Ismail.

Tahun lalu, pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman masjid, mengingat pentingnya protokoler kesehatan, DKM memilih untuk tidak menggelar di tempat terbuka.

Pengakuan Anggota Fraksi PKS yang Kenakan Baju Gibran Rakabuming hingga Akhirnya Disanksi Partai

"Pemotongannya juga kita lakukan hari Sabtu, (1/8), jadi besok insya allah salat id saja baru besokannya kita melakukan penyembelihan ba'da subuh," terang Ismail.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved