Breaking News:

Iduladha 2020

Daging Kurban yang Dibagikan Masjid Jami At-Taqwa Kayu Manis Dipastikan Layak Konsumsi

Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Jami At-Taqwa Iduladha 1441 H di Kelurahan Kayu Manis, Matraman dapat bernafas lega.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany saat melakukan pemeriksaan postmortem di Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (1/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Jami At-Taqwa Iduladha 1441 H di Kelurahan Kayu Manis, Matraman dapat bernafas lega.

Dari hasil pemeriksaan postmortem (setelah kematian) yang dilakukan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan tak mendapati adanya organ tak layak konsumsi.

"Total hewan kurban yang dipotong di Masjid ini ada 6 ekor sapi dan 8 kambing. Alhamdulillah semuanya layak konsumsi," kata Irma di Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (1/8/2020).

Dari pemeriksaan postmortem terhadap organ hati tak ditemukan adanya cacing pita dan organ paru terjangkit pneumonia (penyakit paru).

Organ limpa dan jantung yang pemeriksaannya langsung dilakukan di lokasi pemotongan hewan kurban pun dinyatakan layak konsumsi.

"Ada satu organ hati Sapi yang ditemukan telur cacing pita, tapi hanya sedikit. Jadi enggak sampai membuang satu bagian utuh hati, hanya yang ada telurnya saja," ujarnya.

Irma menuturkan organ hati yang dibuang sepenuhnya hanya bila ditemukan 50 persen bagian hati terjangkit cacing pita.

Dalam pemeriksaan tersebut dia juga memastikan panitia pemotongan membagikan kurban menggunakan plastik ramah lingkungan.

"Harusnya memang menggunakan bongsang, tapi karena jumlah bongsang yang diterima panitia hanya 100 jadi mereka menggunakan plastik ramah lingkungan," tuturnya.

Ketua Panitia Kurban Masjid Jami At-Taqwa, Anto Suhadi mengatakan pemotongan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah ini melibatkan 30 orang.

Pesinetron Ike Muti Disomasi Pemprov DKI, Curhat Mengaku Gagal Dapat Job karena Foto dengan Jokowi

Selama 24 Jam Bocah Hanyut di Kanal Banjir Barat Belum Juga Ditemukan

Dia mengaku bersyukur karena hasil pemeriksaan postmortem yang dilakukan Sudin KPKP Jakarta Timur menyatakan daging layak konsumsi.

"Penerima hewan kurban di Masjid At Taqwa ini kurang lebih 545 orang. Untuk pembagiannya nanti langsung diantar ke penerima, jadi dibagikan lewat pengurus RT," kata Anto.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved