Breaking News:

HUT ke 75 Kemerdekaan RI

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan Indonesia di Pasar Jatinegara Pesimis Raup Untung

Yanti, satu pedagang pernak-pernik kemerdekaan Pasar Jatinegara mengaku pesimis karena omzet dagangannya anjlok sekitar 60 persen.

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Bima Putra
Pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Anjloknya omzet pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Pasar Jatinegara membuat mereka pesimis bakal meraup untung pada HUT ke-75 RI.

Yanti, satu pedagang pernak-pernik kemerdekaan Pasar Jatinegara mengaku pesimis karena omzet dagangannya anjlok sekitar 60 persen.

"Sampai hari ini dagangan banyak yang belum laku, beda jauh lah dibanding tahun lalu. Kayaknya memang tahun ini bakal rugi," kata Yanti di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020).

Dia mengaku harapan pembeli bakal datang di satu pekan terakhir sebelum hari kemerdekaan memang belum sepenuhnya kandas.

Namun bukan berarti dia optimis jumlah pembeli yang datang bakal membeli dalam jumlah banyak, terlebih hingga dagangannya ludes.

"Kantor-kantor saja pada tutup, enggak ada dekorasi. Kantor pemerintahan saja dekorasinya enggak meriah. Dekorasi warga di kampung juga enggak ada," ujarnya.

Pedagang di Pasar Jatinegara lainnya, Andi yang mengaku omzetnya anjlok 75 persen sejak awal pesimis meraup untung sehingga mengurangi stok.

Upacara HUT ke-75 RI di Jakarta Utara Bakal Digelar Hingga Tingkat Kecamatan

Dia mengaku tak berniat membeli beragam alat dan hadiah lomba yang ditawarkan distributor mengingat situasi masih pandemi Covid-19.

"Tahun lalu saya jual alat-alat lomba seperti bakiak, tali tambang. Tapi karena situasinya wabah dan enggak boleh berkerumun jadi tahun ini saya enggak jualan," tutur Andi.

Perihal barang dagangan yang tak laku Andi menyebut sejumlah barang dapat dikembalikan ke distributor, tergantung kesepakatan awal.

Sejumlah pernak-pernik seperti bendera dan umbul-umbul pun dapat dijual kembali pada perayaan kemerdekaan Indonesia tahun depan.

"Kalau soal harga sebenarnya sama saja seperti tahun lalu, malah beberapa barang ada pengurangan harga dari agen. Karena memang lagi pandemi seperti ini kan," lanjut dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved