Breaking News:

Dua Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Segera Beroperasi di Kota Bekasi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kota Bekasi memastikan, fasilitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) segera hadir.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Suasana pelayanan kependudukan di Kantor Dukcapil Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( DisdukcapilKota Bekasi memastikan, fasilitas anjungan dukcapil mandiri (ADM) segera hadir untuk memudahkan pelayanan kependudukan warga.

Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat mengatakan, pemkot sudah membeli sebanyak dua mesin ADM.

Sebagai informasi, ADM merupakan mesin yang memungkin setiap warga dapat melakukan pencetakan dokumen kependudukan seperti KTP-el, Kartu Keluarga, Akta lahir dan semacamnya, secara mandiri.

Mesin ini pertama kali dikenalkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri ) akhir 2019 lalu, sebagai terobosan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan yang mudah dan cepat.

Rektor UMJ Positif Covid-19, Kampus Ditutup Sementara dan Disemprot Disinfektan

"Dalam waktu dekat ini kita akan ambil mesinnya, ada dua unit kita sudah pesan," kata Taufiq di kantornya, Rabu, (12/8/2020).

Taufiq menjelaskan, dua unit ADM ini dibeli melalui dana insentif daerah dan satu mesin lagi dibeli melalui pinjaman dari Kemendagri.

Dua mesin ADM nantinya, akan diletakkan di Kantor Pemkot Bekasi dan satu mesin lagi akan ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) BTC Mall Bulak Kapal.

"Rencananya kedepan akan kita pesan lagi supaya di tiap MPP, kebetulan kan kita ada tiga (MPP) masing-masing ada ADM," jelasnya.

KABAR GEMBIRA! Pemerintah Akan Buka Seleksi CPNS Periode Berikutnya: Kuotanya Sesuai Kebutuhan

Untuk pertimbangan penempatan di Kantor Pemkot Bekasi, Taufiq menilai di sana nantinya bisa beroperasi selama 24 jam penuh.

Sebab, di Kantor Pemkot Bekasi akan dijaga petugas Pol PP yang memang betugas di lingkungan kantor pemerintahan.

"Kalau di MPP mungkin akan beroperasi sesuai dengan jam operasional mal saja, karena kita juga mempertimbangkan keamanan kalau di pemkot nanti ada petugas Pol PP jaga 24 jam," terang dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved