Breaking News:

Kamala Harris Jadi Cawapres di Pemilu AS: Catatan Tangguh Darah Jamaika-India, Ini Arti Namanya

Kamala Harris membuat catatan sejarah dalam perpolitikan di Amerika Serikat. Ayah Kamala berasal dari Jamaika sementara ibunya berasal dari India

REUTERS/Mike Blake
ILUSTRASI. Senator Kamala Harris 

TRIBUNJAKARTA.COM, WASHINGTON- Kamala Harris membuat catatan sejarah dalam perpolitikan di Amerika Serikat.

Senator California itu menjadi calon wakil presiden AS yang berpasangan dengan Joe Biden.

Kamala punya percampuran darah dari ayah asal Jamaika dan ibu yang berasal India.

Wanita Afro-Amerika an Asia-Amerika pertama

Harris mengukir sejarah sebagai wanita Afro-Amerika dan Asia Amerika pertama yang dipilih sebagai cawapres. Kedua orangtuanya adalah imigran yang pindah ke AS.

Ayah Harris adalah seorang profesor ekonomi berdarah kulit hitam dari Jamaika, sedangkan ibunya ilmuwan kanker payudara yang bermigrasi dari India.

Selain itu, Harris juga menjadi wanita ketiga yang menjadi cawapres dalam sejarah pilpres AS, menyusul langkah anggota DPR dari New York Geraldine Ferraro pada pilpres 1984 dan mantan Gubernur Alaska Sarah Palin pada pilpres 2008.

Jika terpilih, politisi berusia 55 tahun itu akan mencetak sejarah lain, yaitu sebagai politisi wanita pertama yang terpilih sebagai wakil presiden, pencapaian yang gagal dicapai oleh Ferraro dan Palin.

Berlatar belakang hukum, Harris memulai kariernya pada tahun 1990 sebagai jaksa di daerah Alameda, California. Dia kemudian terpilih sebagai jaksa distrik San Francisco pada 2002.

Kariernya terus menanjak dan namanya mulai diperhitungkan sebagai rising star Partai Demokrat setelah meraih kemenangan tipis pada pemilihan Jaksa Agung negara bagian California pada pemilihan tahun 2010.

Halaman
1234
Penulis: erik sinaga
Editor: Siti Nawiroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved