Breaking News:

Keluar Rp 200 Ribu untuk Kuota Kuliah Online, Petrus Terbantu Tenda WiFi Gratis di Pondok Kelapa

Mahasiswa yang harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 mengaku terbantu dengan keberadaan Tenda WiFi Gratis.

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Petrus (19), mahasiswa yang mengikuti PJJ di tenda WiFi Gratis buatan warga RT 13/RW 02, Kelurahan Pondok Kelapa di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Tenda WiFi Gratis yang dibuat warga RT 13/RW 02, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit tak hanya disambut baik pelajar SD, SMP, dan SMA.

Mahasiswa yang harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 mengaku terbantu dengan keberadaan Tenda WiFi Gratis.

Petrus (19), satu warga RT 13 mengaku terbantu keberadaan Tenda WiFi Gratis karena menghemat pengeluaran membeli kuota internet untuk mengikuti PJJ.

"Sangat terbantu sekali ya, apalagi saya diwajibkan ikut zoom kalau PJJ dimulai. Banyak makan kuota karena perkuliahan dimulai dari pagi sampai siang," kata Petrus di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020).

Sebelum Tenda WiFi Gratis didirikan pada 13 Juli 2020 lalu, dia mengaku harus merogoh uang pribadinya untuk membeli kuota internet.

Nominalnya lumayan, lebih dari Rp 200 ribu setiap bulan lantaran aplikasi Zoom yang digunakan PJJ dengan dosen cukup menguras internet.

"Keluarga kan juga lagi sulit ekonominya saat Covid-19 seperti saat ini. Jadi ya saya pakai uang tabungan sendiri untuk beli kuota," ujarnya.

Ketua RT 13 Agus Sugianto mengatakan Tenda WiFi Gratis memang terbuka bagi pelajar dan mahasiswa yang terkendala mengikuti PJJ karena akses internet.

Warga luar RT 13 pun diperbolehkan memanfaatkan WiFi Gratis, cukup datang membawa gawai miliknya lalu menyambungkan WiFi di lokasi.

"Enggak semuanya warga saya berkecukupan. Ada yang, mohon maaf, kerjanya satpam, pembantu, tukang ojek. Jadi ini biar semua anak-anak bisa sekolah untuk membantu meringankan beban orang tuanya," tutur Agus.

Jambret Emas Milik Nenek 94 Tahun di Pondok Aren Dihadiahi Timah Panas Petugas

Pengendara Mini Cooper Tabrak Trotoar di Depan Gedung Kejagung Ternyata Seorang Mahasiswa

Hasil Liga Europa: Shakhtar Donetsk Bertemu Inter Milan di Semifinal

Dua tenda yang berlokasi di Blok K kini mampu menampung hingga 30 pelajar tanpa harus berdesakkan dan berebut akses WiFi Gratis.

Sebanyak empat WiFi disediakan pengurus RT 13 dengan kecepatan 30-75 MPBS guna membantu PJJ selama masa pandemi Covid-19.

"Semoga kami bisa bantu sampai Covid-19 berakhir. Karena banyak juga warga dari RT lain yang datang ke sini. Dananya dari uang operasional RT ditambah bantuan warga," lanjut dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved