Breaking News:

Monumen Kali Bekasi, Simbol Terbunuhnya 90 Tentara Jepang Hingga Warna Air Kali Berubah Merah

Sejarawan Bekasi Ali Anwar sebut kisah di balik Monumen Kali Bekasi bermula ketika, kereta yang ditumpangi 90 tentara Jepang tiba di Stasiun Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Monumen Kali Bekasi di Jalan Ir H Juanda Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Tentara Jepang pasca-kekalahan perang melawan sekutu diperintahkan untuk kembali ke negara asalnya, mereka lalu berangkat dari Jakarta menuju Lapangan Udara Kalijati menggunakan kereta api.

Sejarawan Bekasi Ali Anwar mengatakan, kisah di balik Monumen Kali Bekasi bermula ketika, kereta yang ditumpangi 90 tentara Jepang tiba di Stasiun Bekasi.

Tepat pada 19 Oktober 1945, di antara Stasiun Bekasi hingga Kali Bekasi, terjadi pembataian besar-besaran yang dilakukan para pejuang Bekasi terhadap tentara Jepang.

"Monumen ini (Kali Bekasi) juga disebut sebagai monumen persahabatan, tapi saya lebih cenderung menyebutnya sebagai monumen pembunuhan tentara Jepang," kata Ali, Jumat, (14/8/2020).

Pemkot Tangsel Bakal Buat Monumen Lengkong Bercerita, Jadi Tempat Wisata Anak

Kala itu, komandan pejuang Bekasi Letnan Dua Zakaria Burhanuddin menerima informasi dari Komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Jatinegara Sambas Atamadinata.

Informasi itu menyebutkan bahwa, akan ada kereta pengangkut 90 tentara Jepang menuju Kalijati yang bakal melintas di Stasiun Bekasi.

Para pejuang lalu meminta kepala stasiun, untuk membuat skenario penyergapan dengan mengarahkan kereta ke rel dua yang merupakan rel buntu.

Sesampainya di rel buntu, kereta berhenti dan pejuang Bekasi langsung memeriksa ke dalam hingga meminta 90 tentara Jepang keluar.

"90 tentara Jepang dikirim menggunakan kereta, sesampainya di Stasiun Bekasi harusnya kereta melintas ke arah jembatan rel, tapi dialihkan menuju rel buntu yang sekarang jadi lokasi monumen," kata Ali.

Sembuh Dari Covid-19, Perwira Asal Secapa AD Lakukan Donor Plasma Konvalesen di RSPAD Gatot Subroto

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved