Breaking News:

Kisah Bocah Gorontalo Tampil di Uang Rp 75 Ribu, Orangtua Tahu Sehari Sebelum Dikenalkan ke Publik

“Sebagai orang Gorontalo saja, kami sangat bangga. Apalagi saya adalah ibu dari Aditya Perpatih,” kata Siti Murtafiah Mooduto, Selasa (18/8/2020).

ISTIMEWA
uang baru Rp 75 ribu. 

TRIBUNJAKARTA.COM -Bank Indonesia baru saja mengeluarkan uang pecahan baru Rp 75.000.

Uang pecahan baru ini adalah uang kertas edisi Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada yang menarik, pada uang tersebut ada foto seorang bocah. Ternyata anak kecil itu adalah Aditya Perpatih (9), asal Gorontalo. 

Bagaimana ceritanya Aditya bisa masuk dalam foto uang kertas yang dicetak Bank Indonesia?

Pasangan Siti Murtafiah Mooduto (35) dan Dwi Kurniawan (45), orang tua Aditya Perpatih (9) sangat bangga karena foto anak keduanya ini menghiasi uang kertas edisi Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

tribunnews
Aditya Perpatih, anak pasangan Siti Murtafiah Mooduto dan Dwi Kurniawan yang viral setelah fotonya menghiasi uang baru pecahan Rp75000. Siswa SDN 27 kota Selatan kota Gorontalo ini menkadi perbincangan banyak orang.(KOMPAS.COM/IST) (Istimewa via Kompas.com)

Di dalam lembaran uang yang dicetak terbatas ini Aditya Perpatih dengan bangga mengenakan baju adat Gorontalo (makuta) berwarna merah dan penutup kepala yang terlihat tinggi.

Bagi banyak masyarakat Gorontalo, baju adat ini lazim dikenakan pengantin saat resepsi pernikahan. Ini adalah baju yang dipercaya sebagai baju kebesaran Raja Gorontalo.

Bagi permaisuri atau ratu, baju adatnya disebut biliu.

Makuta dan biliu merupakan salah satu baju kebesaran adat Nusantara yang paling eksotik.

tribunnews
Uang Edisi Khusus Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (bi.go.id) 

Maka tidak heran jika Bank Indonesia pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-75 tahun ini menjadikan makuta sebagai salah satu hiasan pada uang pecahan Rp75.000 tahun emisi 2020.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved