Breaking News:

Pemprov DKI Jakarta Bakal Sulap 40 Persen Lahan Kampung Akuarium Jadi Ruang Terbuka Hijau

Pemprov DKI Jakarta bakal menyulap kawasan Kampung Akuarium yang berada di pesisir utara ibu kota menjadi permukiman layak huni.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta bakal menyulap kawasan Kampung Akuarium yang berada di pesisir utara ibu kota menjadi permukiman layak huni.

Peletakan batu pertama sebagai penanda awal mulai pembangunan proyek tersebut pun telah dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tepat di hari Kemerdekaan RI pada Senin (17/8/2020) kemarin.

Pembangunan berkonsep Kampung Susun Akuarium ini pun direncanakan rampung pada Desember 2021 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Prumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan, pihaknya bakal membangun sejumlah infrastruktur di lahan seluas 10.300 meter persegi itu.

Pemprov DKI Jakarta Tutup Galian Arkeologi di Kampung Akuarium Demi Bangun Permukiman dan RTH

Rinciannya, 40 persen bakal dibangun ruang terbuka hijau (RTH) atau ruang interaksi bagi warga dan 60 persen lainnya untuk fasilitas penunjang.

"Perbandingannya lahan terbuka dengan lahan terbangun adalah 40 persen berbanding 60 persen," ucapnya, Rabu (19/8/2020).

Sebanyak 60 persen lahan terbangun ini sudah termasuk 5 blok rumah berlapis dengan total 241 hunian tipe 36 yang diperuntukan bagi warga.

Selain itu, Sarjoko mengatakan, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) terkait pembangunan tanggul unyuk mencegah rob di kawasan itu.

"Jika nanti diperlukam pembangunan tanggul, sesuai tupoksi akan dikoordinasikan dengan Dinas SDA," ujarnya saat dikonfirmasi.

Kronologi Siswi SD Meninggal Dunia Hidup Lagi yang Gegerkan Warga: Jenazah Membuka Mata Lalu Kedip

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved