Breaking News:

Bandara Soekarno-Hatta Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang Arus Balik Pascalibur Panjang

PT Angkasa Pura II meramalkan adanya puncak arus balik penerbangan saat selesai akhir pekan panjang

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Erik Sinaga
www.brainscape.com
Ilustrasi Pesawat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - PT Angkasa Pura II meramalkan adanya puncak arus balik penerbangan saat selesai akhir pekan panjang.

Akhir pekan panjang sendiri dimulai hari ini Kamis (20/8/2020) sampai Minggu (23/8/2020) berdasarkan keputusan pemerintah pusat adanya libur bersama.

Sektor transportasi massa pun kecipratan efeknya tak terkecuali transportasi udara di Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi memprediksi adanya puncak arus balik pesawat di bandar udara tersibuk di Indonesia tersebut.

"Kami prediksi arus balik di hari Minggu (23/8/2020), ini akan tembus angka di atas 500 (pesawat) dan ini kami antisipasi penanganan kedatangan," ujar Agus di Bandara Sorkarno-Hatta, Kamis (20/8/2020).

Sementara, untuk aktivitas penerbangan pesawat pada akhir pekan lalu juga mengalami pelonjakan.

Walau, lanjut Agus, tidak terlalu signifikan yakni menyentuh angka 513 aktivitas penerbangan terhitung sejak tanggal 14 Agustus 2020.

"Karena sebaran cukup panjang, sekitar 10 hari. Mungkin para pengguna jasa punya cukup waktu sehingga sebarannya ini agak merata," ucap Agus

"Justru kami antisipasi pada arus balik karena, kecenderungan masyarakat untuk memilih hari terakhir," tambah dia.

Angka yang tembus sampai di atas 500 penerbangan sehari di Bandara Soekarno-Hatta pun tercatat sebagai jumlah terbanyak selama pandemi Covid-19.

Kendati demikian, angka tersebut masih jauh di bawah rata-rata jumlah penerbangan pada waktu normal di Bandara Soekarno-Hatta yang mencapai 1.200 penerbangan perharinya.

Kemendikbud Belum Umumkan Jadwal Tes SKB CPNS 2019, Ini Bocoran Tanggal dan Format Ujiannya

Pilkada Depok 2020 : PKS Siapkan Strategi Udara, PDIP Jalur Darat

PAN Resmi Dukung Yuri Kemal di Pilkada Belitung Timur, Sekjen Eddy: Saatnya yang Mudah Bekerja

Agus meyakinkan kembali walau telah mencetak rekor terbanyak saat pandemi, pihaknya tetap mengencangkan sabuk protokol kesehatan.

"Tentu situasi ini harus kita antisipasi, khususnya terkait tentang penerapan protokol kesehatan. Jadi kita perlahan memang berharap penerbangan berangsur normal, tapi kita sadar bahwa penanggulangan dan penanganan covid ini belum selesai dan kita dalam posisi siaga dan waspada," tutup Agus.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved