Breaking News:

Persidangan YouTuber Putra Siregar

Penyidik Bea Cukai Heran Putra Siregar Mengaku Tidak Tahu Kepabeanan

bila handphone yang dibawa dalam jumlah banyak maka petugas Bandara dan Pelabuhan bakal melarang handphone dibawa keluar dari Batam

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Putra Siregar saat menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (24/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Penyidik Kanwil Bea dan Cukai DKI Jakarta, Frengki Tokoro menanggapi pernyataan Putra Siregar yang mengaku tak tahu sudah membeli dan menjual handphone ilegal.

Kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Frengki mengatakan alasan tersebut tidak masuk akal mengingat Putra kondang sebagai pengusaha asal Batam.

Pasalnya pemerintah Indonesia sudah puluhan tahun menetapkan Batam jadi Kawasan Perdagangan Bebas, yakni kawasan tanpa hambatan Kepabeanan (biaya masuk dan keluar).

"Batam ditetapkan sebagai zona perdagangan bebas, jadi siapapun yang membawa barang keluar dari Batam mereka tahu (masalah kepabeanan)," kata Frengki di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (24/8/2020).

Dia mencontohkan saat seseorang keluar dari Batam membawa satu handphone maka petugas tidak bakal menanyakan masalah kepabeanan.

Handphone yang dibawa tersebut bisa lolos meski nomor imeinya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian sebagaimana ketentuan kepabeanan.

Namun bila handphone yang dibawa dalam jumlah banyak maka petugas Bandara dan Pelabuhan bakal melarang handphone dibawa keluar dari Batam.

"Siapapun yang tinggal di Batam pasti tahu. Jadi tidak ada alasan seseorang tidak mengetahui bahwa barang keluar dari Batam itu tidak terkait dengan kepabeanan," ujarnya.

Frengki menuturkan tidak memahami bila Putra sampai tidak mengetahui bahwa masalah tersebut saat membeli handphone dari sosok bernama Jimmy.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved