Breaking News:

Warga Kelurahan Ciracas Budidaya Maggot Urai Sampah Organik

Kesulitan mengolah sampah organik kini tidak lagi dirasakan warga RT 01/RW 10, Kelurahan/Kecamatan Ciracas yang melakukan budidaya maggot.

Istimewa
Tampak rumah budidaya maggot yang dibangun warga RT 01/RW 10 di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (2/9/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Kesulitan mengolah sampah organik kini tidak lagi dirasakan warga RT 01/RW 10, Kelurahan/Kecamatan Ciracas yang melakukan budidaya maggot.

Ketua RT 01 Hendro mengatakan ide budidaya maggot tercetus karena warga sempat kesulitan mengolah sampah organik karena minimnya lahan.

Serta cara memanfaatkan sampah organik sebagaimana non organik seperti botol plastik yang bisa disortir lalu dijual dan dijadikan kreasi.

"Karena hal itu kita mendapat ide untuk mengolah sampah organik. Sampah organik atau sampah rumah tangga akan kami olah menjadi maggot," kata Hendro di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (1/9/2020).

Memanfaatkan satu lahan kosong milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemprov DKI Jakarta warga membangun rumah maggot.

Hasilnya memuaskan, maggot yang mampu mengurai sampah organik dapat dijual sebagai pakan Lele seharga Rp 8 ribu per kilogramnya.

"Selain membangun tempat budidaya maggot, warga juga melakukan bercocok tanam berbagai jenis sayur mayur dan membuat kolam ikan," ujarnya.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengapresiasi upaya warga RT 01 karena mengurangi beban sampah organik sekaligus mencari pemasukan tambahan.

Diduga Telantarkan Anak, Ayah Atta Halilintar Dilaporkan ke Polisi

Diduga Sakit, Pemulung Berusia 70 Tahun Meninggal di Parkiran Gereja Baptis Indonesia

Guna mendukung program warga, pihaknya bakal bekerja sama dengan Sudin Lingkungan Hidup terkait langkah budidaya maggot yang tepat.

"Bahkan nantinya akan melakukan studi banding ke wilayah Kranggan, Bekasi, agar program ini berjalan baik. Harapannya bisa ditiru semua RT di wilayah Kelurahan Ciracas," tutur Rikia.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved