Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Jakob Oetama, Wagub DKI: Kontribusinya Luar Biasa Bagi Demokrasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Wagub DKI Ahmad Riza Patria saat ditemui di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama

Hal ini disampaikannya usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Kami turut berduka cita, semogga beliau husnul khotimah," ucapnya, Rabu (9/9/2020).

Politisi Gerindra ini menilai, Jakob Oetama merupakan sosok yang sangat berjasa pada lahirnya demokrasi dan kebebasan pers.

Ngotot Terapkan Ganjil Genap, Dishub DKI Sesumbar Angkutan Umum Lebih Aman dari Mobil Pribadi

Menurutnya, sosok Jakob Oetama yang juga Pimpinan Umum Harian Kompas ini merupakan teladan yang baik bagi seluruh insan pers tanah air.

"Kontribusinya luar biasa pada demokrasi, kebebasan pers, dan intelektual," ujarnya.

Diketahui, pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun akibat sakit yang diderita.

Keluarga rencanaya akan membawa jenazah ke rumah duka di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan setelah prosesi penghormatan terakhir di Kantor Kompas Graamedia, Palmerah, Jakarta.

Pemakaman Jakob Oetama dijadwalkan berlangsung Kamis (10/9/2020) besok di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Besok, Jusuf Kalla Akan Pimpin Upacara Pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata

Direktur Komunikasi Korporat Kompas Gramedia Rusdi Amral mengatakan, acara pemakaman rencananya dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, rencananya bakal memimpin prosesi pemakaman Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama.

"Pemakaman rencana sekitar jam 13.00-14.00 WIB dengan inspektur upacara adalah Bapak Jusuf Kalla," ucap Rusdi di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rabu (9/9/2020).

Selain Jusuf Kalla yang bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga akan memimpin pelepasan jenazah Jakob Oetama dari tempat persemayamannya.

Jakob Oetama sendiri berhak mendapatkan satu tempat di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah dirinya menerima Bintang Mahaputra tahun 1973 lalu.

"Besok pagi rencananya jenazah akan dilepas oleh ketua MPR Bambang Soesatyo. Karena beliau mendapatkan Bintang Mahaputra oleh negara tahun 1973," jelas Rusdi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved