Breaking News:

Komnas PA Desak Pemprov DKI Jakarta Berhenti Kirim Anak Manusia Silver ke Panti Sosial

Komisi Nasional Perlindungan (Komnas PA) nilai langkah Pemprov DKI Jakarta menindak anak yang jadi manusia silver dan pengamen ondel-ondel keliru.

Dok Sudinsos Jakbar
Manusia Silver yang diamankan Petugas Sudinsos Jakarta Barat di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (18/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Komisi Nasional Perlindungan ( Komnas PA) menilai langkah Pemprov DKI Jakarta dalam menindak anak yang jadi manusia silver dan pengamen ondel-ondel keliru.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan langkah Satpol PP dan Dinas Sosial DKI mengirim anak ke panti sosial untuk dibina justru tak menyelesaikan masalah.

"Pendekatan razia dan krimimalisasi dan mengirim ke panti-pasti sosial tidak tepat dan tidak menyelesaikan masalah, bahkan melanggar hak asasi manusia," kata Sirait di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2020).

Pasalnya dari hasil penelusuran Tim Komnas PA, anak yang jadi manusia silver dan pengamen ondel-ondel dipaksa atau diperalat oleh orang dewasa.

Mereka menyuruh anak-anak berkeliling di jalan hingga permukiman agar warga iba dan memberi uang, uang tersebut yang kemudian disetorkan.

Tokonya Harus Tutup Saat PSBB Ketat, Pedagang di Glodok Putar Otak Agar Tak Rumahkan Karyawan

"Pendekatan lewat razia dan kriminalisasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan mengerahkan Satpol PP harusnya diberlakukan kepada si pengeksploitasi, bukan kepada korban," ujarnya.

Sirait menyesalkan sikap Pemprov DKI Jakarta yang terus 'menangkap' manusia silver dan pengamen ondel-ondel anak lalu mengirim ke panti-panti sosial.

Menurutnya langkah tersebut tak menyelesaikan masalah karena akar pelaku sebenarnya orang dewasa, bukan anak yang dieksploitasi.

"Harusnya pelaku atau si pemberi kerja yang ditangkap dan dikenakan saksi pidana. Karena ini bentuk eksploitasi, sesuai yang diatur UU nomor 35 tahun 2014 tenang Perlindungan Anak," tuturnya.

Benarkah Air Liur Bisa Sembuhkan Luka? Simak Penjelasannya

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved