Breaking News:

Kota Bekasi Krisis Ruang ICU di Tengah Peningkatan Kasus Covid-19

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSI) Kota Bekasi Eko Nugroho mengatakan, kapasitas ruang intensif care unit (ICU) di Kota Bekasi.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSI) Kota Bekasi Eko Nugroho mengatakan, kapasitas ruang intensif care unit (ICU) di Kota Bekasi mengalami krisis seiring meningkatnya kasus Covid-19.

Eko menjelaskan, saat ini kapasitas seluruh rumah sakit khususnya swasta di Kota Bekasi untuk penanganan pasien Covid-19 hampir penuh.

"Jadi sampai sekarang total kapasitas isolasi rumah sakit swasta di Kota Bekasi ada 464 tempat tidur," jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat, (11/9/2020).

Dari data terakhir yang dia terima, jumlah pasien Covid-19 di Kota Bekasi yang harus mendapatkan perawatan rumah sakit hampir 500 pasien.

PSSI dan PT LIB Pastikan Liga 1 Jalan Terus Walau Ada yang Positif Covid-19

"Dari data yang saya tahu, saat ini kapasitas rumah sakit yang terisi ada 500an orang, data ini berubah-ubah ya setiap harinya," ungkap Eko.

Dari total kapitas isolasi untuk pasien Covid-19 itu, mayoritas hanya dapat menampung pasien dengan gejala ringan.

Sebab kata dia, untuk mengadakan ruang isolasi dengan fasilitas standar ICU seperti alat ventilator, tentunya memiliki biaya yang tidak sedikit.

"Hampir sebagian besar RS (rumah sakit) full terutama yang butuh ventilator, jadi kalau misal ada kasus berat, kota Bekasi udah nggak bisa nampung," tegas dia.

Review Manga One Piece Chapter 990: Aliansi Monkey D Luffy Dapat Bantuan dari Prajurit Tanpa Teman

Jika dirata-rata lanjut dia, setiap rumah sakit swasta hanya memiliki kapasitas ICU sebesar 5 persen dari total tempat tidur.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved