Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

TPU Pondok Ranggon Perluas 13.000 Meter Persegi untuk Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19  

TPU Pondok Ranggon jadi satu tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang dipersiapkan Pemprov DKI selain TPU Tegal Alur

Istimewa
Alat berat Dinas Bina Marga DKI yang mengerjakan pembukaan lahan baru bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Kamis (10/9/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Meningkatnya pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal membuat Pemprov DKI harus membuka lahan baru di TPU Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung.

Perluasan dilakukan karena sisa liang lahat bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon kini tersisa sekitar 1.100 yang diprediksi penuh dalam dua bulan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan perluasan lahan di TPU Pondok Ranggon yang kini digarap seluas 13.000 meter persegi.

"Kita perluas sekitar 13.000 meter persegi. Pengerjaannya sekarang sudah hampir selesai," kata Hari saat dikonfirmasi di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2020).

Namun dia mengaku tak tahu pasti lahan tersebut mampu digunakan untuk memakamkan berapa banyak jenazah pasien Covid-19.

Menurutnya yang mengetahui kapasitas liang lahat yakni Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta selaku pengelola TPU Pondok Ranggon.

Hari hanya menuturkan pihaknya mengerahkan sejumlah alat berat meratakan tanah yang nantinya jadi liang lahad jenazah pasien Covid-19.

"Ini (perluasan lahan untuk jenazah pasien Covid-19) sudah yang ketiga kalinya. Pertama tiga bulan lalu, yang kedua dua bulan lalu yang ketiga sekarang," ujarnya.

Para penggali makam TPU Pondok Ranggon baru mencatat rekor baru dalam jumlah memakamkan jenazah pasien Covid-19.

Pada Kamis (10/9/2020) mereka memakamkan 40 jenazah pasien Covid-19, sementara rekor sebelumnya pada Sabtu (5/9/2020) dengan total 37 jenazah.

"Kalau jumlah jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dari awal pandemi sampai sekarang yang pasti sudah ribuan," tutur Danru Regu PJLP TPU Pondok Ranggon, Nadi.

Prediksi Cuaca dari BMKG Sabtu, 12 September: Waspada Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat

EPA Persija Jakarta Harus Puas Bermain Imbang Lawan Klub Liga 3 Banten

KPU Tangsel Terima Hasil Tes Kesehatan Bacalon Dari RSUD Kabupaten Tangerang

TPU Pondok Ranggon jadi satu tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang dipersiapkan Pemprov DKI selain TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

Beda dengan negara lain yang membakar jenazah pasien Covid-19, Indonesia memilih menguburkan jenazah sehingga lahan yang digunakan khusus.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved