Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

DKI Jakarta Terapkan PSBB Total, Wali Kota Bekasi Sebut Wilayahnya Diuntungkan

Dengan kebijakan PSBB yang diterapkan DKI Jakarta kata Rahmat, mobilitas warga Kota Bekasi ke Ibu kota akan berkurang.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di kediamannya, Minggu, (13/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai hari ini resmi diterapkan, Senin, (14/9/2020).

Menyikapi hal itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi justru merasa diuntungkan, sebab Kota Bekasi memiliki warga yang selama ini bekerja di Ibu kota.

Dengan kebijakan PSBB yang diterapkan DKI Jakarta kata Rahmat, mobilitas warga Kota Bekasi ke Ibu kota akan berkurang.

"Kita ada keuntungan, DKI melakukan PSBB berarti kerja dibatasi, orang kita interaksinya sedikit. Ada keuntungannya kita," kata Rahmat, Minggu, (13/9/2020).

Pria yang akrab disapa Pepen ini menjelaskan, Kota Bekasi sebagai penyangga Ibu kota tentunya tidak bisa lepas dari mobilisasi warga yang begitu cepat.

Hampir setiap hari, ribuan warga Bekasi bekerja di Jakarta lalu di malam harinya kembali ke Kota Bekasi dan berinteraksi dengan warga di tempat tinggalnya.

Hal ini lanjut dia, tentunya memiliki potensi yang sangat besar terjadinya transmisi penularan Covid-19 dari warga yang setiap hari bekerja di Jakarta.

"Kalau dibatasi di sana, berarti tidak ada yang ke sana. Kalau ke sini masih ada karena kita daerah transit," jelasnya.

Menurut dia, kasus penularan Covid-19 di Kota Bekasi selama ini kerap ditemukan sebagai imported case atau kasus import.

Hal ini artinya, penularan berawal dari satu orang yang terkonfirmasi positif usai melakukan perjalanan atau melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19 di luar daerah.

"Terus yang tidak kalah penting ada beberapa kejadian, termasuk kemarin satu keluarga, itu transmisi tempat lain ke kita," terangnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved