Breaking News:

Kapasitas ICU Rumah Sakit di Kabupaten Bekasi Hampir Penuh

Tingkat keterpakaian ICU telah mencapai ICU 95 persen dari kapasitas yang ada di Kab Bekasi

Freepik via Tribunnews.com
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Kapasitas ruang Intensive Care Unit (ICU) di seluruh rumah sakit di Kabupaten Bekasi hampir penuh, hal ini disebabkan tingginya kasus Covid-19 di wilayah setempat.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi per Senin, (14/9/2020), tingkat keterpakaian ICU telah mencapai ICU 95 persen dari kapasitas yang ada.

"Di Kabupaten Bekasi ada 71 kamar (ICU) di 49 rumah sakit, laporan harian berbeda-beda per Senin kemarin persentase keterpakaiannya 95 persen," kata Kepala Dinkes Sri Enny, Selasa, (15/9/2020).

Sampai saat ini, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan ada penambahan kapasitas ICU di rumah sakit baik swasta maupun milik rumah sakit milik pemerintah.

Keterpakaian ICU tidak dipungkuri akibat lonjakan pasien positif Covid-19 yang terjadi selama masa pelonggaran dilakukan.

"Sejauh ini belum ada informasi dari rumah sakit (ada penambahan ICU), karena datanya (keterpakaian) fluktuatif setiap harinya," jelas Sri Enny.

Ruang ICU yang saat ini di gunakan di rumah sakit Kabupaten Bekasi mayoritas terisi oleh pasien positif Covid-19 dengan gejala berat.

Mereka wajib mendapat penanganan di ruang yang dilengkapi ventilator seperti yang ada di fasilitas ICU.

Sedangkan untuk pasien Covid-19 gejala ringan, saat ini dirawat di rumah sakit dengan total kapasitas sebanyak 377 kamar isolasi di 49 rumah sakit.

"Untuk kapasitas kamar untuk isolasi (pasien Covid-19 gejala ringan) saat ini terisi sebanyak 60 persen," papasnya.

Persija Jakarta Kalahkan Persikabo 1973 1-0, Duel Tim Liga 1 Hanya Dimainkan 30 Menit

14 Unit Damkar Dikerahkan untuk Padamkan Api yang Membakar Rumah Warga di Pejagalan

Kang Emil Imbau Peserta Pilkada Depok Berkampanye Sambil Perangi Covid-19 

Berdasarkan data di situs pikokabsi.bekasikab.go.id, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi sebanyak 1505 pasien.

Dari total kasus itu, sebanyak 1359 pasien dinyatakan sembuh, 48 orang meninggal dunia, 37 orang dirawat dan 61 orang isolasi mandiri.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved