Breaking News:

Pentingnya Sedia Kotak Pertolongan Pertama, Berikut Tips Mengatasi Luka Ringan Saat Berada di Rumah

Certified Wound Specialist Physician, dr. Adisaputra Ramadhinara mengatakan, penting untuk setiap keluarga sediakan kotak pertolongan pertama

Freepik
Ilustrasi obat 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Luka dapat terjadi pada siapa saja. Baik anak-anak atau dewasa.

Tak hanya saat berada di luar, bahkan di rumah pun kita bisa mengalami luka. Misalnya saat terkena goresan pisau, luka terbakar akibat terkena benda panas seperti setrikaan yang menyala, tersenggol kuali panas, dicakar oleh kucing kesayangan di rumah, atau bahkan sikecil terjatuh karena berlari-larian.

Nah untuk menghindari terjadinya infeksi, luka ringan pun sebaiknya harus segera ditangani dengan cara yang tepat.

Certified Wound Specialist Physician, dr. Adisaputra Ramadhinara mengatakan, penting untuk setiap keluarga sediakan kotak pertolongan pertama

Tujuannya, agar penanganan luka dapat dilakukan secara tepat dan cepat.

"Luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan. Bahkan di rumah pun kita masih bisa tetap terluka. Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, kita juga harus mengerti cara untuk merawat luka dengan tepat," kata dr Adisaputra.

Sesuai namanya, tujuan dari pengadaan kotak Pertolongan Pertama adalah sebagai langkah antisipasi dini untuk menangani cedera atau luka.

Luka terjadi secara tiba-tiba. Menurut dr Adisaputra, seringan apapun luka tetap harus ditangani dengan cepat untuk mencegah terjadinya infeksi atau komplikasi lebih lanjut.

"Luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi. Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya kotak Pertolongan Pertama dan cara merawat luka yang tepat," ungkapnya.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat Siapkan 25 Hotel untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Persija Putuskan Ikuti Liga 1, The Jakmania Harus Tetap Dukung Perjuangan Tim Jagoannya

Korban Terdampak Pandemi Ikut Belajar Daur Ulang Sampah, Hasilkan Produk Bernilai Jual

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved