Breaking News:

Orangtua Wajib Tahu, Pentingnya Zat Gizi Mikro Bagi Perkembangan Anak

Zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Diantaranya seperti kalsium, zat besi, zinc, dan vitamin A, C, hingga D

ISTIMEWA/Calorie Fixes
Sejumlah jenis makanan dan minuman dari buah, sayuran, dan sejumlah jenis makanan lainnya punya kandungan kalori, gizi, air, dan kandungan-kandungan lainnya yang berbeda. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pada dasarnya, terdapat dua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Sesuai namanya, zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Sedangkan mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang kecil.

Namun meski dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, zat gizi mikro memiliki peranan yang cukup penting untuk fungsi organ dalam tubuh.

"Vitamin dan mineral, itu yang zat gizi mikro. Sedikit tapi esensial, penting banget. Biasanya kita kelupaan terus karena cuma perlu sedikit," kata Pemerhati Kesehatan Dokter Lula Kamal dalam acara peluncuran Nestle Ideal, Rabu (16/9/2020).

Zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Diantaranya seperti kalsium, zat besi, zinc, dan vitamin A, C, hingga D.

Sayangnya, banyak orangtua kurang memperhatikan kecukupan gizi mikronutrien ini pada anak.

Padahal, dalam setiap kandungan gizi mikro memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh anak.

"Kalau bicara zat besi penting banget.
50% loh kurangnya. Zat besi itu adalah pegangan kita buat bikin yang namanya sel darah merah atau hemoglobin," kata Dokter Lula.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved