Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Kawasan Padat Penduduk, Wali Kota Jakarta Timur Minta Warga Terkonfirmasi Tak Isolasi Mandiri

Warga Jakarta Timur yang terkonfirmasi diminta tak melakukan isolasi mandiri di rumah karena dikhawatirkan memicu penularan Covid-19.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar di Pasar Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (4/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Warga Jakarta Timur yang terkonfirmasi diminta tak melakukan isolasi mandiri di rumah karena dikhawatirkan memicu penularan Covid-19 meluas.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan isolasi mandiri tak efektif bila pasien masih melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga lain di rumahnya.

"Kita lihat di kawasan padat, (kondisi) rumahnya enggak memadai. Satu rumah bisa tiga sampai empat KK (kepala keluarga)," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (17/9/2020).

Pasalnya dalam kasus isolasi mandiri di rumah anggota keluarga lain yang menangani kebutuhan pasien belum tentu terkonfirmasi Covid-19.

Namun karena masih berbagi satu ruang kamar mandi dan lainnya, anggota keluarga yang tadinya tak terkonfirmasi justru tertular dari kerabatnya.

"Apakah iya di kawasan padat bisa isolasi mandiri? Kan enggak mungkin. Makannya pak Gubernur DKI sudah menyiapkan satu tower di Wisma Atlet untuk menangani masalah isolasi," ujarnya.

Anwar menuturkan status kota paling padat penduduk di Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah lebih dari 3 juta jiwa harus disikapi serius saat pandemi.

Mengingat kasus warga terkonfirmasi di Jakarta Timur jumlahnya masih naik turun, sejumlah RW juga hingga kini berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

"Masyarakat kita, terutama yang di kampung-kampung, di kawasan padat sering ngerumpi, berkumpul dan tidak menggunakan masker. Ini tentunya menjadi klaster baru," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved