Breaking News:

Sekda DKI Saefullah Wafat

Wali Kota Airin Berduka, Kenang Momen Kerja Bareng Almarhum Sekda DKI Jakarta Saefullah

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, berduka cita atas meninggalnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah.

TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Tangkapan gambar video resmi Pemkot Tangsel terkait penyampaian belasungkawa Wali Kota Airin Rachmi Diany atas meninggalnya Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas, Jakob Oetama, Kamis (9/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, berduka cita atas meninggalnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah.

Seperti diketahui, Saefullah meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Daerah (RSPAD) Gatot Soebroto pada sekira pukul 12.55 WIB, Rabu (16/9/2020), setelah terpapar Covid-19.

Airin mengaku kaget mendengar kabar duka itu. Baginya Saefullah bukan hanya rekan kerja sebagai pejabat daerah melainkan juga sahabat.

"Saya kaget juga pas mendengar beliau positif dan ternyata Allah memanggil. Mungkin itu yang terbaik karena itu adalah sebuah takdir yang tidak bisa ditolak. Mudah-mudahan dan saya meyakini beliau InsyaAllah husnul khatimah. Apa yang dilakukan jadi amal ibadah semuanya," ujar Airin.

Semasa Saefullah menjabat, Airin mengaku komunikasi Tangsel dengan DKI Jakarta, lancar.

"Itu suatu hal yang sangat luar biasa. Dan komunikasi pun juga sangat baik karena Pak Saefullah menjadi Sekda kan, komunikasi kami dengan DKI jadi lebih baik, beberapa hal yang kami rasakan betul bagaimana beliau memiliki komitmen untuk terus memberikan pelayanan sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)," ujarnya.

Airin mengenal Saefullah sejak menjabat wali kota Jakarta Pusat pada periode kepemimpinan awal Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Beliau humoris, beliau orang yang komunikatif, beliau orang yang pendengar juga. Mungkin karena saya ketuanya waktu itu ya, jadi ngedengerin," ujarnya.

Saat menjabat Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah juga sekaligus bawahan Airin yang menjabat Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Airin mengenang sosok Saefullah yang pernah dimintanya untuk mengadakan rapat koordinasi (rakor) komisariat wilayah (Komwil) III Apeksi di Jakarta Pusat.

"Beliau pernah menjadi Wali Kota Jakarta Pusat. Jadi merupakan anggota Apeksi. Dan ada kegiatan momen, komisariat wilayah III atas komitmen beliau, pada saat menjadi Wali Kota Jakarta Pusat, kita menyelenggarakan rakor Komwil di Jakarta pada saat itu Pak Jokowi di awal jadi gubernur," ujarnya.

Airin bahkan masih mengingat percakapannya dengan Saefullah saat akan menyelenggarakan rakor itu.

"Saya permintaan, 'Pokoknya Pak Wali acara Komwil jadi ya di Jakarta, belum pernah di Jakarta.' 'Okay siap beres bu ketua.' Jadi sesuatu momen yang bagi kami, jabatan sekali lagi adalah sebuah amanah, tetapi pertemanan perahabatan itu saya ratakan dalam rangka saya berkomunikasi dengan beliau sebagai sosok figur pejabat di DKI," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved