Breaking News:

Utang ke Pemerintah Belum Dibayar, Bambang Trihatmodjo Dicekal ke Luar Negeri Akhirnya Gugat Menkeu

Putra almarhum Presiden ke-2 RI Soeharto, Bambang Trihatmodjo menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Bambang Trihatmodjo mendatangi rumah duka Probosutedjo untuk melayat, di Jakarta, Senin (26/3/2018). Probosutedjo meninggal pada usia 87 tahun karena penyakit kanker tiroid yang ia idap sejak 20 tahun lalu. Rencananya jenazah Probosutedjo akan dimakamkan di Yogyakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNJAKARTA.COM - Putra almarhum Presiden ke-2 RI Soeharto, Bambang Trihatmodjo menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Gugatan itu dilayangkan Bambang karena Sri Mulyani mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang pencekalan terhadap Bambang untuk bepergian ke luar negeri.

Bagaimana duduk perkasa kasus ini?

Dikutip dari Kontan, kasus ini bermula karena Bambang memiliki utang ke pemerintah saat Bambang menjadi Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara SEA Games XIX Tahun 1997.

Mayangsari (kanan) dan Bambang Trihatmodjo
Mayangsari (kanan) dan Bambang Trihatmodjo (kompas.com)

Belum diketahui berapa besaran utang Bambang ke pemerintah. 

Staf khusus Menkeu Sri Mulyani, Yustinus Prastowo kepada KONTAN menjelaskan bahwa Bambang memiliki utang ke negara.

Kemenkeu mendapat tugas menagih setelah utang itu dilimpahkan dari Sekretariat Negara ke Kemenkeu. 

“Utangnya sendiri merupakan pelimpahan dari Setneg (Sekretariat Negara). Kemenkeu hanya menjalankan tugas penagihan utang negara,” ujar Yustinus, Kamis (17/9/2020). 

Piutang atau tagihan kepada Bambang oleh Setneg dialihkan ke Kementerian Keuangan, yakni ke Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemkeu.

“Utang terkait penyelenggaran SEA Games tahun 1997. Jadi kami hanya menjalankan penagihan, memberikan peringatan, terus melakukan pencekalan karena ada pelimpahan kasus dari Setneg,” ujar Yustinis.

Halaman
1234
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved