Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Katulampa Siaga 1, Warga Bantaran Sungai Ciliwung di Jakarta Timur Diminta Siap Ngungsi

Camat Kramat Jati Eka Darmawan mengatakan sejak mendapat informasi TMA di Bendungan Katulampa siaga 1 pihaknya sudah meminta warga bersiap.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi Kali Ciliwung yang membentang di Kelurahan Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga Jakarta Timur yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung diimbau bersiap mengungsi karena naik Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Katulampa.

Camat Kramat Jati Eka Darmawan mengatakan sejak mendapat informasi TMA di Bendungan Katulampa siaga 1 pihaknya sudah meminta warga bersiap.

"Peringatan siaga 1 sudah disampaikan ke warga. Saya sudah meminta Lurah-lurah untuk menyampaikan ke warga agar bersiap," kata Eka saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (21/9/2020).

Peringatan tersebut disampaikan karena sejumlah warga Kecamatan Kramat Jati bermukim di Kali Ciliwung, di antaranya Kelurahan Balekambang.

Bogor Diguyur Hujan Sejak Sore, Tinggi Muka Air Bendung Katulampa Berstatus Siaga I

Kelurahan Cililitan, dan Kelurahan Cawang yang setiap tahunnya terdampak banjir luapan Kali Ciliwung dengan ketinggian mencapai dua meter lebih.

"Untuk posko sudah disiapkan di kantor Kelurahan, (Kampus) Binawan juga disiapkan jadi posko untuk warga Cililitan dan Cawang yang terdampak banjir," ujarnya.

Lurah Bidara Cina Dadang Yudi juga menuturkan sudah menyampaikan peringatan siaga mengungsi ke warganya yang bermukim di bantaran Ciliwung.

Posko pengungsian di Kantor Kelurahan yang berada dekat permukiman warga RW 07 pun sudah disiapkan setelah Bendungan Katulampa berstatus siaga 1.

Bila mengacu status siaga 1 yang ditetapkan pukul 19.00 WIB tadi maka air diperkirakan tiba di Jakarta Timur pada Selasa (22/9/2020) dini hari.

"Diperkirakan tiba sekira pukul 02.00 WIB. Kalau (tinggi muka air di) Depok enggak tinggi banget Insya Allah aman. Tapi kita tetap antisipasi," tutur Dadang.

Sebagai informasi, warga Jakarta Timur yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung lain di antaranya warga Kecamatan Jatinegara.

Yakni warga Kelurahan Bidara Cina dan Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian mencapai dua meter lebih sehingga memaksa warga mengungsi.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved