Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Katulampa Siaga I, Petugas Damkar Jakarta Timur Bersiap Evakuasi Warga di Kali Ciliwung

Tidak hanya personel di pos pemadam Kecamatan Jatinegara dan Kramat Jati yang permukiman warganya berada di bantaran Kali Ciliwung.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kasi Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Timur Gatot Sulaeman saat ditemui di lokasi, Selasa (23/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur bersiap melakukan evakuasi warga terdampak banjir luapan Kali Ciliwung.

Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan jajarannya bersiap melakukan evakuasi karena pukul 18.00 WIB Bendungan Katulampa berstatus siaga 1.

"Bila dibutuhkan anggota sudah siap melakukan evakuasi. Setiap pos 4-5 personel piket stand by menerima laporan warga," kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (21/9/2020).

Tidak hanya personel di pos pemadam Kecamatan Jatinegara dan Kramat Jati yang permukiman warganya berada di bantaran Kali Ciliwung.

Personel di setiap pos pemadam di Jakarta Timur diminta waspada melakukan evakuasi saat banjir menjamah permukiman warga dini hari nanti.

"Warga yang butuh bantuan evakuasi bisa melapor ke nomor 112 atau WhatsApp Damkar Jakarta Timur di nomor 0822 9797 0113. Bisa juga melapor ke pos atau sektor terdekat," ujarnya.

Mengacu pada Pusat Data dan Informasi Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, pada pukul 19.00 WIB tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa siaga 2.

Sementara pukul 20.00 WIB TMA Bendungan Katulampa tercatat siaga 3, penurunan status tersebut karena debit air mulai mengalir ke arah Jakarta.

Lurah Bidara Cina Dadang Yudi menuturkan sudah meminta warganya yang bermukim di bantaran Ciliwung agar siaga mengungsi saat air tiba di Jakarta.

"Diperkirakan tiba sekira pukul 02.00 WIB. Kalau (tinggi muka air di) Depok enggak tinggi banget Insya Allah aman. Tapi kita tetap antisipasi," tutur Dadang.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved