Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Begini Alur Evakuasi Pasien Terkonfirmasi Menggunakan Bus Sekolah ke RS Rujukan

Ali Murthado mengatakan pemindahan pasien dilakukan berdasarkan permintaan Puskesmas di masing-masing Kecamatan.

ISTIMEWA/Dokumentasi Dishub DKI Jakarta
Bus sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang dikerahkan mengangkut pasien terkonfirmasi ke tempat isolasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Pemprov DKI Jakarta mengerahkan Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) guna mengangkut warga yang terkonfirmasi ke sejumlah RS Rujukan.

Sejak awal pandemi di bulan Maret hingga 27 September malam tercatat sebanyak 1.800 pasien terkonfirmasi dari 5 kota di DKI dibawa menggunakan bus sekolah.

Kepala UPAS Dinas Perhubungan (Dishub) Ali Murthado mengatakan pemindahan pasien dilakukan berdasarkan permintaan Puskesmas di masing-masing Kecamatan.

Selama Pandemi, Bus Sekolah DKI Bantu Angkut 1.468 Pasien Positif Covid-19 ke Tempat Isolasi

Bila dari proses asesmen tim Puskesmas menyatakan pasien tidak bisa menjalani isolasi mandiri di rumah maka pasien tersebut bakal dirujuk ke RS yang ditentukan.

"Mereka (tim Puskesmas) memberitahu kita tentang rencana evakuasi. Kalau yang tanpa gejala atau ringan ke (RSD) Wisma Atlet, kalau gejala sedang smpai berat ke RS rujukan," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (27/9/2020).

Nantinya awak bus UPAS Dishub DKI Jakarta bakal datang ke lokasi penjemputan pasien terkonfirmasi yang sudah ditentukan tim Puskesmas.

Lokasi penjemputan berbeda-beda, bisa di halaman Puskesmas Kecamatan sesuai domisili pasien, rumah pasien, tergantung permintaan tim medis.

"Ada juga yang di yayasan. Misalnya di yayasan yatim piatu kan ada yang terkonfirmasi. Kemudian wisma tempat mahasiswa, kita jemput di situ. Kita mengikuti permintaan Puskesmas," ujarnya.

Ali menuturkan pihaknya memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam proses evakuasi pasien terkonfirmasi hingga tiba di RS rujukan.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved