Breaking News:

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Modifikasi Mesin Pompa Ukuran Raksasa

Arief menjabarkan mesin pompa dengan kapasitas 600 liter per detik tersebut merupakan hasil modifikasi y

ISTIMEWA
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau pompa modifikasi berukuran besae si bantaran Sungai Cisadane, Jalan K.S Tubun, Kecamatan Karawaci, Jumat (9/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KARAWACI - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau langsung uji coba operasional mesin pompa air yang dipersiapkan untuk menanggulangi dampak banjir di sejumlah lokasi rawan banjir Kota Tangerang.

Arief menjabarkan mesin pompa dengan kapasitas 600 liter per detik tersebut merupakan hasil modifikasi yang dilakukan oleh jajaran Dinas PUPR Kota Tangerang.

"Mesin berbahan bakar diesel dan dimodif sehingga kapasitasnya jadi lebih besar. Sekarang jadi bisa dipasang dua pipa berukuran jumbo untuk saluran pembuangan airnya," kata Arief dalam uji coba yang dilakukan di bantaran Sungai Cisadane, Jalan K.S Tubun, Kecamatan Karawaci, Jumat (9/10/2020).

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau pompa modifikasi berukuran besae si bantaran Sungai Cisadane, Jalan K.S Tubun, Kecamatan Karawaci, Jumat (9/10/2020).
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau pompa modifikasi berukuran besae si bantaran Sungai Cisadane, Jalan K.S Tubun, Kecamatan Karawaci, Jumat (9/10/2020). (ISTIMEWA)

Ia menjelaskan, tiap pipa mempunyai kapasitas sampai 300 liter per detik.

Sehingga total bisa mencalai 600 liter per detik.

Menurut Arief, saat ini mesin pompa masih dalam tahap penyempurnaan agar, nantinya dapat dimanfaatkan dengan maksimal jika nantinya terjadi banjir.

"Masih ada beberapa part yang harus dilengkapi seperti pemasangan roda, mengingat bobon mesin yang berat. Supaya memudahkan saat akan dipergunakan dan dipindahkan," jelas Arief.

Pasalnya, saat ini Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan sejumlah langkah strategis sebagai upaya pencegahan memasuki musim penghujan khususnya di wilayah Kota Tangerang.

"Rumah pompa dan pompa portable sudah kita siagakan, selain normalisasi sungai dan situ," kata Arief.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved