Penanganan Covid

Bio Farma Perkirakan Harga Vaksin Covid-19 Rp 200 Ribu, Tak Akan Beratkan Pemerintah

Bio Farma memastikan harga untuk vaksin Covid-19 di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah.

Editor: Elga H Putra
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG - Bio Farma memastikan harga untuk vaksin Covid-19 di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan, kisaran harganya Rp 200 ribu per dosis.

Hal tersebut disampaikan Honesti Basyir, menanggapi pemberitaan yang menyatakan bahwa Sinovac sudah menanda tangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil yang akan menjualnya dengan harga 1.96 dolar AS per dosis.

Brazil merupakan salah satu negara yang juga akan membeli vaksin Covid-19 dari Sinovac.

Mengenai harga vaksin di Brazil, yang keluar di media massa beberapa hari terakhir, dengan harga 1.96 dolar AS per dosis, sudah dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

“Informasi harga vaksin Covid-19 di Brazil, telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac," kata Honesti dalam keterangan persnya, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya, pihak Sinovac sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma.

Isinya memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak 90 juta dolar AS dengan pemerintah Brazil tidak tepat.

Termasuk mengenai harga 1.96 dola AS per dosis pun tidak tepat.

"Sebab biaya pengiriman tiap dosisnya pun sekitar 2 dolar AS. Atas berita ini, Sinovac tengah menelusuri asal informasinya.

Intinya, Bio Farma berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin COVID-19 dengan harga yang terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia,” ujar Honesti.

Baca juga: Sosok di Balik Konsep Foto Prewedding di Supermarket yang Viral, Fotografer Beberkan Strateginya

Honesti melanjutkan, dalam surat resmi yang disampaikan oleh Sinovac, menyampaikan bahwa dalam penentuan harga vaksin Covid-19, ada beberapa faktor yang menentukan harga vaksin.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Harganya Vaksin Covid-19 Rp 200 Ribu, Bio Farma: Tidak Akan Memberatkan Pemerintah

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved