Penanganan Covid

Doni Monardo Ingatkan Masyarakat Indonesia Waspada Bencana La Nina saat Pandemi Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengingatkan potensi bencana alam ditengah pandemi Covid-19.

Editor: Elga H Putra
Tribunnews/Dany Permana
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat berbincang dengan redaksi Tribun Network di Jakarta, Senin (7/9/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan potensi bencana alam ditengah pandemi Covid-19.

Doni menuturkan BMKG telah memberikan pernyataan bahwa Indonesia berpotensi terjadi La Nina hingga bulan Maret 2021.

La Nina sendiri yakni fenomena alam yang menyebabkan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi di sejumlah daerah.

"Anomali cuaca sedang dihadapi semua bangsa-bangsa di dunia," kata Doni dalam konferensi pers virtual, Selasa (13/10/2020).

Doni mengatakan tidak ada negara yang betul-betul siap menghadapi ancaman bencana apapun, baik bencana alam maupun non alam.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat maupun pemerintahan berupaya menjaga ekosistem untuk menghindari bencana akibat La Nina.

"Pertama, ikuti semua informasi yang disampaikan BMKG, melakukan apel kesiapsiagaan di seluruh wilayah sampai terendah," tegas pria yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Kesiapsiagaan bencana menurutnya wajib dilakukan hingga ke tingkat RT/RW.

Setelah itu dilakukan persiapan seperti tempat pengungsian sementara, perlengkapan tanggap bencana, dapur darurat, hingga kebutuhan logistik dan kebutuhan dasar lainnya.

"Alat evakuasi seperti perahu, atau bisa memanfaatkan bambu, drum, dan sebagainya jika tidak ada perahu, apapun kita siapkan. Jadi tidak boleh menyerah," imbuhnya.

Doni juga mengingatkan untuk bersiap membersihkan gorong-gorong, selokan, maupun parit atau tempat yang berpotensi terjadi penyumbatan yang berakibat banjir.

"Lakukan susur sungai, terutama yang berpotensi terjadi penumpukan sampah yang mengakibatkan bendungan pecah dan mengakibatkan banjir bandang maupun kerugian yang besar," paparnya.

Tak lupa ia mengingatkan masyarakat juga turut mencegah terjadinya penularan virus corona, Covid-19.

Baca juga: Bioskop di Bekasi Wajib Ajukan Simulasi Sebelum Beroperasi

Mengingat virus terus menyebabkan terjadinya kasus mencapai ribuan di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved