Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

44 Tenaga Medis Puskesmas Kota Bekasi Dilatih Teknis Penyuntikan Vaksin Covid-19

Dinkes Kota Bekasi mengatakan terdapat 44 tenaga medis yang melakukan pelatihan untuk teknis vaksinasi.

Freepik via Tribunnews.com
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Kesehatan Kota Bekasi masih melakukan persiapan jelang vaksinasi Covid-19 yang dijadwalkan awal 2021 mendatang, termasuk pelatihan tenaga medis terkait teknis penyuntikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengatakan, terdapat 44 tenaga medis yang melakukan pelatihan untuk teknis vaksinasi.

"Untuk pelatihannya itu memang dilakukan perwakilan dari puskesmas dengan jumlahnya Kota Bekasi ada 44 orang," kata Dezy, Sabtu, (17/10/2020).

Dari 44 perwakilan tenaga medis yang mengikuti pelatihan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), secara berjenjang pengetahuannya akan diajarkan ke tenaga kesehatan lain.

"Ini sekarang lagi berjalan pelatihan vaksinator namanya, petugas-petugas vaksinasi itu sedang dilatih oleh Bapelkes melalui zoom meeting," jelas Dezy.

Menurut Dezy, tenaga medis di Kota Bekasi yang mengikuti pelatihan sejatinya sudah memiliki kompetensi dalam melakukan vaksinasi.

Tetapi karena dalam hal ini, vaksinasi Covid-19 merupakan hal baru, maka perlu adanya sosialisasi agar standar yang dijalankan sesuai dengan anjuran Kemenkes.

"Karena vaksin yang berbeda pasti akan disosialiasikan dulu, apakah ada perbedaaan teknik atau perbedaan cara atau kondisi lain-lain yang diharus dilakukan," papar dia.

Untuk jumlah sasaran vaksin, Dezy memastikan angkanya sesuai dengan usulan yang dikirim Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved