Breaking News:

Penanganan Covid

28 Oktober Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik Libur Panjang, Jasa Marga Imbau Disiplin Prokes

Puncak arus mudik pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H diprediksi terjadi pada Rabu (28/10/2020).

Editor: Dionisius Arya Bima Suci
Google
Ilustrasi Mudik. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Puncak arus mudik pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H diprediksi terjadi pada Rabu (28/10/2020).

Sedangkan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020) mendatang.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan, agar menghindari perjalanan saat puncak volume lalin untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50% sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Heru, dalam keterangannya, Senin (26/10/2020).

Jasa Marga juga menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas buka/tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Kenaikan Penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang Sudah Terlihat

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan dimanapun berada. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," kata dia.

"Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak, memilih untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area," imbuh Heru.

Heru juga meminta untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, terutama dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Selain itu, pastikan saldo uang elektronik cukup serta patuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Sementara itu Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra menambahkan volume lalin keluar Jakarta selama empat hari periode libur Maulid Nabi (27-30 Oktober 2020) diprediksi naik sekitar 21,77% dibandingkan dengan lalin periode new normal.

"Distribusi mayoritas lalin meninggalkan Jakarta ke arah Timur menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi sebesar 48,17%. Sementara 28,32% ke arah Barat menuju Banten/Merak dan 23,51% ke arah Selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi, " kata Bima.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved