Breaking News:

Perdana Operasi Zebra di Tengah Pandemi, Polantas Tangsel Utamakan Sosialisasi

Polisi dari Satlantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar Operasi Zebra di sekitar Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020).

TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Polisi dari Satuan Lantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar Operasi Zebra perdana di tengah pandemi Covid-19, di sekitar Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG UTARA - Polisi dari Satuan Lantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar Operasi Zebra 2020 perdana di tengah pandemi Covid-19, di sekitar Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020).

Operasi yang diagendakan berlangsung selama dua pekan, mulai hari ini, Senin (26/10/2020) hingga Jumat (6/11/2020) itu, mengutamakan sosialisasi dibandingkan penindakan.

Hal itu lantaran menghindari penularan Covid-19 dengan meminimalisasi komunikasi langsung aparat dan pengendara.

Selain sosialisasi ketaatan berlalu lintas, para polantas juga mengampanyekan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan operasi zebra kali ini terbilang berbeda karena dalam situasi pandemi, jadi kita akan memprioritaskan untuk kegiatan preventif dan premtif. Hal ini pun terkait juga masalah potensi penyebaran atau mengurangi ancaman penyebaran dari virus corona," ujar Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Bayu Marfiando.

Baca juga: Aksi Jambret di Pasar Minggu Digagalkan Petugas PPSU, Pelaku Sempat Pukul Korban

Pantauan TribunJakarta.com, dalam operasi itu, aparat lebih banyak memberikan brosur imbauan.

Satu per satu pengendara mobil maupun sepeda motor diberikan berosur sambil disampaikan penyuluhan secara langsung terkait kelengkapan berlalu lintas dan imbauan 3M (Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Selain itu, aparat juga membentangkan spanduk imbauan di tengah jalan agar terlihat para pengendara.

Polisi dari Satuan Lantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar Operasi Zebra perdana di tengah pandemi Covid-19, di sekitar Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020).
Polisi dari Satuan Lantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar Operasi Zebra perdana di tengah pandemi Covid-19, di sekitar Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR)

"Oleh karena itu kegiatan hari ini di Alam Sutera kita melakukan sosialisasi atau pembinaan penyuluhan kepada pengguna jalan, membagikan brosur, mengingatkan penggunaan jalan dengan spanduk-spanduk ataupun plang yang sudah kita sediakan," ujarnya.

Meskipun mengutamakan penyuluhan, Bayu juga mengatakan, tetap ada penindakan kepada para pelanggar.

"Penindakan ini persentase ya sebanyak 20 persen dengan beberapa prioritas, pertama adalah melawan arus, yang kedua tidak memakai helm, dan yang ketiga adalah stopline, keempat rotator dan yang terakhir melintas di bahu jalan," ujarnya.

Operasi perdana itu digelar tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit dari pukul 11.00 WIB sampai 11.30 WIB.

Baca juga: Cewek Open BO di Bekasi Tewas Dibunuh Menggunakan Pisau, Korban Sempat Melawan

Baca juga: Mengintip Ikan Lohan Dibanderol Sampai Rp 350 Juta di Tangcity Mall

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Dionisius Arya Bima Suci
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved