Breaking News:

Info Kesehatan

Kerap Merasa Haus Jelang Tidur? Hati-hati Ini Sederet Penyebabnya

Ada beberapa alasan mengapa banyak dari kita yang merasa lebih haus jelang tidur, padahal yang kita perlukan sebetulnya hanyalah memejamkan mata dan t

puhhha/Thinkstock
Ilustrasi tidur 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pernahkah kamu merasakan rasa haus yang tak kunjung reda jelang tidur? Jika ya, maka kamu tak sendiri.

Merasa haus sebelum tidur adalah hal yang umum.

Ada beberapa alasan mengapa banyak dari kita yang merasa lebih haus jelang tidur, padahal yang kita perlukan sebetulnya hanyalah memejamkan mata dan terlelap.

1. Jam biologis tubuh

Dokter umum dan penasihat medis di Whatasleep, Nikola Djordjevic, MD menjelaskan, kita semua memiliki ritme sirkadian yang menyempurnakan produksi hormon dan ini berkaitan dengan posisi matahari.

Di malam hari, tubuh kita memproduksi melatonin, yang tidak hanya membuat pikiran kita mengantuk tetapi juga memicu sel-sel masuk ke fase tertidur sehingga mereka bisa memperbaiki diri dan beregenerasi.

"Tubuh kita tahu bahwa berjam-jam tanpa hidrasi sudah dekat, untuk itu tubuh merasa perlu mengisi kembali pasokan cairan. Kondisi itu menyebabkan peningkatan rasa haus di malam hari," kata Djordjevic, seperti dilansir POPSUGAR.

2. Kekurangan cairan

Selain itu, gaya hidup juga memiliki peran yang cukup besar.

Makanan berat yang kita makan di waktu makan malam mungkin cenderung tinggi garam.

Halaman
1234
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved