Breaking News:

Info Kesehatan

Cara Menjaga Sikap Positif dalam Berkarier, Yuk Dicoba!

Bagi yang masih bekerja, 34% tidak mendapat bonus; 31% menghadapi pengurangan gaji; dan 29% responden menghadapi kemunduran dalam kenaikan gaji.

Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tidak terasa, masa pandemi telah berlangsung lebih dari setengah tahun.

Berbagai perubahan telah kita alami, yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Bagaimana dengan kamu? Perubahan apa saja yang sudah kamu alami dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan? Apakah kamu merasa bahagia?

Sebuah survei dari JobStreet yang diikuti lebih dari 5,000 responden di Indonesia membuktikan bahwa sebelum terjadinya pandemi, 93% responden merasa bahagia dengan kualitas hidup mereka.

Namun, saat ini, jumlah tersebut turun menjadi hanya 38% yang masih merasa bahagia.

Salah satu penyebab menurunnya angka kebahagiaan adalah dampak pandemi terhadap pekerjaan. 35% responden telah diberhentikan secara permanen dari pekerjaan mereka dan 19% tidak bekerja untuk sementara waktu.

Bagi yang masih bekerja, 34% tidak mendapat bonus; 31% menghadapi pengurangan gaji; dan 29% responden menghadapi kemunduran dalam kenaikan gaji.

Menurut survei JobStreet, 89% karyawan merasa bahagia dengan pekerjaan mereka sebelum terjadinya pandemi. Namun, sekarang hanya 49% yang masih merasa bahagia.

Baca juga: Paman Dengar Jeritan Keponakan Berusia 8 Tahun dari Balik Bilik, Mirisnya Pelaku Ayah Kandung Korban

“Sikap positif atau bahagia adalah cerminan dari suasana hati kita, dan berdampak ke perilaku kita, termasuk dalam bekerja maupun mencari kerja. Seseorang mungkin tidak akan menghasilkan CV atau surat lamaran yang terbaik, atau saat wawancara pun mungkin caranya menghadapi user/pewawancara juga akan kurang maksimal," ujar Psikolog Theresia Ceti Prameswari Psi dalam keterangan resminya pada Jumat (30/10).

Berikut beberapa tip untuk bisa terus bersikap positif dari Theresia Ceti Prameswari Psi. bagi pekerja yang sedang menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, maupun yang sedang mencari kerja:

1. Kenali dirimu

Halaman
1234
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved