Breaking News:

UMKM Bumi Alumni Menggelar Digital Fashion di Era Pandemi

Perkumpulan Bumi Alumni yang menaungi UMKM Alumni Unpad menyelenggarakan “Digital Fashion Show”, Kamis (29/10/20).

Istimewa
Perkumpulan Bumi Alumni yang menaungi UMKM Alumni Unpad menyelenggarakan “Digital Fashion Show” 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Di era pandemi, pelaku UMKM, khususnya UMKM Alumni Unpad yang bergerak di bidang fashion dituntut untuk selalu inovatif dalam memasarkan produk fashionnya.

Dengan adanya keterbatasan aktivitas orang dan perdagangan barang dan jasa akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), CIMB Niaga Syariah Bank bekerjasama dengan Perkumpulan Bumi Alumni yang menaungi UMKM Alumni Unpad menyelenggarakan “Digital Fashion Show”, Kamis (29/10/20).

Webinar Digital Fashion Show dilakukan dalam upaya meningkatkan produktivitas UMKM dibidang Fashion di masa pandemi, menghadirkan pembicara, Marini Zumarnis selaku public figure dan pelaku UMKM dan Devi Trisna, pemilik Qirani Group dan anggota komunitas UMKM Alumni Unpad yang tergabung dalam Perkumpulan Bumi Alumni.

Moderator webinar ini, Dr Dewi Tenty Septi Artiany yang juga selaku Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga pada Perkumpulan Bumi Alumni.

Dewi tenty atau yang dikenal dengan Teh Dete adalah penggerak dan pemerhati UMKM yang juga pernah dinobatkan sebagai 17 Perempuan Tangguh versi Women’s Obsession bersama-sama dengan ibu Negara Iriani Jokowi pada tahun 2020.

“Dengan adanya keterbatasan aktivitas orang berdampak pada berkurangnya perdagangan atau transaksi barang dan jasa, termasuk produksi fashion. Hal ini menjadikan tantangan bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan peluang yang ada di era pandemi ini. Secara global, banyak industri besar, seperti Zara, Nordstrom dan H&M yang terpaksa harus menutup gerai tokonya pada tahun 2020 ini. Demikian juga di Indonesia, banyak industri pakaian yang terkena dampaknya karena banyak mal dan pusat perbelanjaan yang tutup selama PSBB," ujar Dr. Ary Zulfikar selaku Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni yang saat ini juga sedang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Hukum LPS mengawali Webinar dalam keynote speechnya.

Oleh karenanya, pelaku UMKM, khususnya UMKM Alumni Unpad harus dapat memanfaatkan peluang untuk mengisi pasar domestik melalui platform digital dan berfikir inovatif.

Secara global, produk yang masih bertahan di era pandemi ini, adalah produk yang berbasis komunitas. Oleh karenanya, diharapkan pelaku UMKM Alumni Unpad dapat tetap memanfaatkan peluang yang ada berdasarkan potensi yang dimilikinya, ujar Ary Zulfikar yang dikenal dengan sapaan Kang Azoo.

Opening remarks lainnya, Kang Lucky Harfiandi, Group Head Syariah Funding dan Biz Development CIMB Niaga Syariah juga menyatakan hal yang sama, bahwa CIMB Niaga Syariah sangat concerns terhadap pelaku UMKM, sehingga mendorong CIMB Niaga dapat bersinergi dengan Perkumpulan Bumi Alumni dalam mendorong pelaku UMKM di era pandemi ini.

Pandemi menyebabkan seluruh masyarakat harus mengantisipasi diam di rumah, seluruh industri terkena dampaknya, seperti Pariwisata dan berkurang-nya event-event kegiatan, salah satunya fashion show, atau pakaian-pakaian yang biasanya dipergunakan untuk pesta, baik pesta pernikahan, ulang tahun dan yang lainnya, ungkap Teh Dete mengawali diskusi.

Halaman
123
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved