Breaking News:

Libur Cuti Bersama

Arus Balik Libur Panjang, 347 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta dari Tiga Penjuru Akses Jalan Tol

Dwimawan Heru Corporate Communication PT Jasa Marga mengatakan, secara keseluruhan volume kendaraan yang mengarah ke Jakarta naik 24,7 persen.

ISTIMEWA/Dokumentasi Jasa Marga
Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Arus balik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Jasa Marga mencatat sebanyak 347.733 kendaraan mengarah ke Jakarta melalui tiga penjuru akses jalan tol.

Tiga penjuru akses jalan tol itu diantaranya, Jalan Tol Jakarta Cikampek ke timur, Jalan Tol Jagorawi ke arah selatan dan Jalan Tol Tangerang Merak ke arah barat Jakarta.

Dwimawan Heru Corporate Communication PT Jasa Marga mengatakan, secara keseluruhan volume kendaraan yang mengarah ke Jakarta naik 24,7 persen.

"Terdapat kenaiakan volume kendaraan dalam dua hari arus balik libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H pada, 31 Oktober 2020 dan 1 November 2020," kata Heru dalam keterangan yang diterima TribunJakarta.com, Senin, (2/11/2020).

Data volume kendaraan lanjut dia, dicatat melalui transaksi di empat gerbang tol (GT) utama di masing-masing ruas jalan tol.

Empat GT itu diantaranya, GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip arah timur Jakarta, GT Cikupa arah barat Jakarta, serta GT Ciawi arah selatan Jakarta.

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,0 persen dari arah timur, 24,0 persen dari arah barat dan 21 persen dari arah selatan," ungkap Heru.

Sebagai rincian, di GT Cikampek Utama 2 jumlahnya 100.647 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 48,8 persen dari lalu lintas new normal.

Di GT Kalihurip Utama 2 dengan jumlah 90.679 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 32,0 persen dari lalu lintas new normal.

"Total kendaraan menuju Jakarta dari arah timur sebanyak 191.326 kendaraan, naik sebesar 40,3 persen dari lalin new normal," kata Heru.

Sedangkan ke arah barat, melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebesar 83.603 kendaraan, naik sebesar 9,4 persen dari lalu lintas new normal.

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah selatan melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 72.804 kendaraan, naik sebesar 10,1 persen dari lalu lintas new normal.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan tetap mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved