Breaking News:

Hari Ini, Puluhan Ribu Peserta Aksi Buruh akan Demo di Sekitar Istana Negara

Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam 32 konfederasi dan federasi seperti KSPI, KSPSI-AGN, dan Gekanas akan melakukan aksi serentak di 24 provinsi

TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Aksi unjuk rasa yang terjadi di Patung Kuda, Jakarta Pusat hari ini berlangsung tertib. Sekitar pukul 17.20 WIB massa mulai membubarkan diri. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Puluhan ribu peserta aksi buruh bakal berunjuk rasa di sekitar Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam 32 konfederasi dan federasi seperti KSPI, KSPSI-AGN, dan Gekanas akan melakukan aksi serentak di 24 provinsi pada hari ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengatakan untuk wilayah Jabodetak, aksi akan dipusatkan di Istana dan Mahkamah Konstitusi.

TONTON JUGA

"Titik kumpul di Patung Kuda Indosat sekitar pukul 10.30 WIB," kata Said, dalam keterangan resminya kepada TribunJakarta.com, hari ini.

"Tuntutan yang akan disuarakan, batalkan omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut agar upah minimum tahun 2021 (UMP, UMK, UMSP, dan UMSK) tetap naik," lanjutnya.

Kemudian, pihak buruh akan menyerahkan gugatan uji materiil dan uji formil omnibus law UU Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi.

"Tetapi jika nomor UU Cipta Kerja belum ada pada saat penyerahan berkas gugatan tersebut, maka yang akan dilakukan KSPI dan KSPSI AGN hanya bersifat konsultasi ke MK," jelasnya.

Baca juga: Kritik Anies Baswedan Soal Penghargaan Transportasi, Pengamat: Cari Pembanding Jangan yang Jelek

Dia melanjutkan, meskipun nomor UU Cipta Kerja belum keluar, aksi hadi ini di Istana dan Mahkamah Konstitusi akan tetap dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved