Breaking News:

Update Terbaru Pilkada 2020 Kota Depok: 4.049 Bilik Suara Tiba di Gudang KPU

Kebutuhan logistik yang pertama kali datang ke Gudang KPU Kota Depok di Kelurahan Tugu, Cimanggis, ialah kotak suara.

ISTIMEWA/Dokumentasi KPU Depok
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna (tengah memakai kopiah hitam), Kapolresta Depok Kombes Pol Didik, Wali Kota Depok Mohammad Idris (kiri berbaju biru) beserta seluruh petugas rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 Kota Depok berfoto bersama. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Kurang lebih satu bulan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2020, hari ini kebutuhan logistik untuk pesta demokrasi lima tahunan itu mulai berdatangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna, menyampaikan, kebutuhan logistik yang pertama kali datang ke Gudang KPU Kota Depok di Kelurahan Tugu, Cimanggis, ialah kotak suara.

“Hari ini untuk yang pertama kali tiba adalah berupa kotak suara. Kotak suara sebanyak 4.049 buah tersebut tiba sekitar pukul 11.20 WIB di Gudang KPU,” kata Nana dalam keterangan resminya, Selasa (3/11/2020).

Nana mengaku, kebutuhan logistik menjadi instrumen yang sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada, dan segala kekurangannya tidak boleh dianggap sepele.

“Pilkada sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari, dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih. Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui logistik. Jadi, logistik Pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi disamping instrumen tahapan yang lain,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan dalam waktu pelaksanaannya, Nana berujar pihaknya mengedepankan prinsip tepat jumlah, waktu, sasaran, dan kualitas.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna, saat dijumpai wartawan di Multi Function Hall  Perumahan Raffles Hills, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Kamis (24/9/2020).
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna, saat dijumpai wartawan di Multi Function Hall Perumahan Raffles Hills, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Kamis (24/9/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA)

“Sehingga dalam pelaksanaan Pilkada tidak dijumpai hambatan dan kendala mengenai logistik pemilihan sampai dengan semua tahapan pilkada selesai,” bebernya.

Lebih lanjut, dalam waktu dekat logistik lainnya berupa bilik suara, segel, hologram, hingga sampul juga akan diterima oleh pihaknya.

“Kami tetap terus akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel,” imbuhnya.

Baca juga: Imbauan SARA Oknum Guru SMA Negeri di Jakarta Timur Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Terakhir, Nana menuturkan di tengah logistik yang mulai berdatangan, pihaknya juga masih membuka rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). (*)

Penulis: Dwi Putra Kesuma
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved