Mengenal Lebih Dekat SSB Tangerang FC, Pernah Raih Juara 1 Kuala Lumpur Cup U-14 2020

Kota Tangerang ternyata punya sekolah sepak bola (SSB) yang pernah menorehkan prestasi di kancah Internasional.

Editor: Wahyu Septiana
Warta Kota
Tangerang FC saat juara International Kuala Lumpur Cup 2020, Februari lalu 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kota Tangerang ternyata punya sekolah sepak bola (SSB) yang pernah menorehkan prestasi di kancah Internasional.

Namanya SSB Tangerang FC. SSB yang dibentuk 10 Mei 2008 ini menjuarai ajang Internasional Kuala Lumpur Cup, Februari 2020 lalu.

SSB Tangerang FC bukan lah SSB yang tergolong wah.

Justru sebaliknya, SSB ini begitu erat dengan asas kekeluargaan, dan kekuatan SSB ini ada di kekompakan para orang tua murid SSB yang saling membantu SSB dalam mengikuti beberapa turnamen. 

Bahkan, terbaru saat ikut turnamen International Kuala Lumpur Cup di Malaysia, dimana biaya anak-anak dikumpulkan oleh sesama orang tua anak didik.

Zainal Arifin, pemilik SSB Tangerang saat ditemui di lapangan LP. Anak, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang pun bercerita soal latar belakang SSB Tangerang FC didirikan.

"Tujuan utama Tangerang FC didirikan adalah untuk mengembangkan olahraga untuk anak-anak di Kota Tangerang agar tidak larut dalam kegiatan yang tidak bermanfaat seperti nongkrong yang tidak karuan," buka pria kelahiran Tasikmalaya, 10 Mei 1966 ini kepada Warta Kota, Rabu (4/11/2020).

Zainal Arifin, pemilik SSB Tangerang FC
Zainal Arifin, pemilik SSB Tangerang FC (Warta Kota)

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan bakat anak-anak di sepak bola dengan harapan dapat membela tim seperti Persikota Tangerang, Persita Tangerang bahkan timnas indonesia.

SSB Tangerang FC saat ini memiliki 60-an anak didik dengan kategori usia anak didik dari sembilan hingga 14 tahun, dimana mereka dilatih oleh lima pelatih yakni Zainal Arifin, Powan Ngadi, Fadillah Ahmad Suryani, Gema Maulidin, Cahyadi Sudarto.

Untuk anak-anak yang ingin masuk ke SSB Tangerang FC, cukup hanya membayaran uang pendaftaran sebesar Rp.500 ribu (lengkap dengan jersey, kaus kaki dan iuran satu bulan awal).

Tangerang FC saat juara International Kuala Lumpur Cup 2020, Februari lalu
Tangerang FC saat juara International Kuala Lumpur Cup 2020, Februari lalu (Warta Kota)

Untuk iuran bulanan siswa pun tergolong murah yakni Rp 100 ribu per bulan, dimana anak didik berlatih tiga kali seminggu, Rabu, Jumat pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB dan Minggu pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Uniknya, Tangerang FC juga punya tim putri yang baru dibentuk Oktober 2020 lalu, tim ini berisikan 15 pemain putri.

"Memang ada putri, dimana mereka kami arahkan dan didik bermain bola. Jika mereka berbakat tentu kami bukakan jalan juga untuk mereka seleksi di tim-tim putri klub-klub Liga 1 atau Liga 2 nantinya," tambah Zainal.

Bicara prestasi terbaru, Tangerang FC meraih juara 1 International Kuala Lumpur Cup U-14 tahun 2020, sedangkan pada tahun 2019, SSB Tangerang FC Juara 1 liga gojek provinsi Banten 2019, dan Juara 3 usia 13 Piala Gojek Nasional 2019. (*)

(Warta Kota/Rafsanzani Simanjorang)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved