Breaking News:

Sepanjang Tahun 2020, Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Lakukan 461 Kegiatan Penyelamatan

sejak Januari hingga November 2020, ada sebanyak 461 kegiatan penyelamatan yang telah dilakukan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara.

ISTIMEWA
Ilustrasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara mengevakuasi hewan liar. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara mendata jumlah kegiatan penyelamatan sepanjang tahun 2020.

Berdasarkan data yang ada, sejak Januari hingga November 2020, ada sebanyak 461 kegiatan penyelamatan yang telah dilakukan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara.

Jumlah total tersebut terdiri dari kegiatan evakuasi hewan sebanyak 148, evakuasi sarang tawon sebanyak 118, penyelamatan banjir sebanyak 57, dan pohon tumbang sebanyak 38.

"Hingga November 2020 ini kami sudah melakukan 461 penyelamatan," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Utara Rahmat Kristantio dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/11/2020).

Selama ini, lanjut Rahmat, banyak orang menganggap bahwa kegiatan Sudin Gulkarmat hanya terkait pemadaman api saja.

Padahal, kegiatan penyelamatan dan evakuasi juga menjadi tugas-tugas pokok petugas pemadam kebakaran.

"Memang moto kami Pantang Pulang Sebelum Padam, tapi tugas pemadam itu tidak melulu hanya memadamkan api. Kami juga bertugas mengerjakan yang berkaitan dengan penyelamatan," kata Rahmat.

Karenanya, masyarakat kembali diingatkan untuk tak segan-segan menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Utara apabila ingin meminta pertolongan.

Masyarakat Jakarta Utara yang memerlukan bantuan dari Sudin Gulkarmat bisa datang ke Jalan Pemadam Kebakaran No. 113, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara atau menghubungi nomor telepon 021 44833513.

"Kami dapat menjalankan tugas-tugas lainnya seperti evakuasi sarang tawon, penyelamatan kucing, menangkap ular, evakuasi pohon tumbang, bangunan runtuh, sampai dengan evakuasi cincin," kata Rahmat.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved