Breaking News:

Warga Kota Bekasi Bisa Rapid Test Gratis di 2 Tempat Ini, Ini Persyaratan yang Harus Dilengkapi

Pemerintah Kota Bekasi membuka layanan rapid test gratis bagi warga yang baru tiba atau hendak pergi ke luar kota.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Posko Gugus Tugas Covid-19 Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota Bekasi membuka layanan rapid test gratis bagi warga yang baru tiba atau hendak pergi ke luar kota. 

Mereka bisa datang langsung ke puskesmas atau Stadion Patriot.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengatakan, sesuai imbauan wali kota pihaknya melakukan pelayanan bagi warga tanpa dipungut biaya.

"Saya sampaikan karena ini kondisinya habis libur panjang dan sudah ada himbauan atas nama wali kota ya tugas kita melayani," kata Dezy, Kamis, (5/11/2020).

Warga yang ingin melakukan rapid test lanjut dia, dapat datang langsung ke puskesmas terdekat atau ke Posko Gugus Tugas Stadion Patriot Gate 7, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi.

"Jadi kalau untuk itu masyarakat langsung aja datang, aksesnya mau di stadion atau ke puskemas, soalnya kan kalau di puskesmas juga sudah ada fasilitas untuk test rapid," jelasnya.

Laboratorium pengujian spesimen swab test Covid-19 di Posko Gugus Tugas Stadion Patriot Bekasi.
Laboratorium pengujian spesimen swab test Covid-19 di Posko Gugus Tugas Stadion Patriot Bekasi. (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Adapun untuk persyaratan, warga hanya cukup membawa surat pengantar dari RT/RW lingkungan tempat tinggalnya, membawa KTP dan KK (Kartu Keluarga) Kota Bekasi.

"Saya juga sudah pesankan kepada puskesmas kalau ada masyarakat yang datang dengan alasan perjalanan langsung dilayani di puskemas," terang Dezy.

Adapun untuk layanan rapid test, dilakukan setiap hari dari senin sampai jumat pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Layanan rapid test di Stadion Patriot misalnya, dalam satu hari petugas dapat melakukan pengujian sampel warga sebanyak sekitar 100 orang.

Jika dalam pelaksanaannya warga dinyatakan reaktif, petugas analis kesehatan akan langsung melakukan penanganan berupa swab test.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved