Jarot-Mokhlis Berikhtiar Perbaiki dan Lengkapi Infrastruktur Ketersediaan Air Bersih di Sumbawa

BP 42 desa yang tersebur di 17 kecamatan di Sumbawa yang mengalami krisis air bersih saat ini. Dampaknya, ratusan ribu warga kekurangan air bersih.

Editor: Wahyu Aji
KOMPAS.COM
Ilustrasi air bersih 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Persoalan kekurangan air bersih akibat kekeringan secara jangka panjang memunculkan dampak kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh.

Sejumlah wilayah di Indonesia yang memiliki curah hujan rendah kerap mengalaminya, seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kekeringan di Sumbawa terjadi setiap tahunnya dan tidak pernah kunjung berakhir. 

Praktisi Kesehatan Penyakit Dalam, dokter Ari Fahrial Syam menjelaskan, kekeringan bisa saja memunculkan penyakit diare.

Pasalnya, warga memiliki keterbatasan mendapatkan air dengan kualitas yang baik.

Hanya saja, dia menilai, kasus-kasus diare di daerah memang harus dilihat dulu penyebabnya.

Terlebih, sanitasi yang buruk juga bisa menjadi penyebab diare.

“Artinya, sumber dari virus itu larinya dari makanan dan minuman. Jadi kalau makanan itu kita konsumsi, tercemar tentu menjadi infeksi. Kemudian minuman tercemar, menjadi infeksi,” kata Ari, Jumat (6/11/2020).

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat, ada 42 desa yang tersebur di 17 kecamatan di Sumbawa yang mengalami krisis air bersih saat ini.

Dampaknya, ratusan ribu warga kekurangan air bersih.

Anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi Gerindra, H Talib, mengaku prihatin mendapati sejumlah desa dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih.

Pemerintah dimintanya untuk tanggap, karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kehidupan.

Dirinya meminta desa-desa yang dilanda kekurangan air bersih untuk mengajukan proposal, sehingga dapat dibantu oleh pemerintah provinsi.

Masalah Infrastruktur

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved